Breaking News:

PON XX Papua

Atlet Papua Diganjar Bonus 1 M, Atlet Jambi Dijanji Tembus ASN

PON kali ini akan berlangsung di provinsi paling timur Indonesia yaitu Papua yang dimulai pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

Editor: Roy Ratumakin
Kementerian PUPR
Pembangunan arena aquatic PON XX Papua menelan dana Rp 401 miliar. 

TRIBUN-PAPUA.COM: Ajang olahraga empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi ajang meraih prestasi dan juga masa depan yang cerah. Hal ini bisa terwujud kalau sang atlet dapat meraih medali.

PON kali ini akan berlangsung di provinsi paling timur Indonesia yaitu Papua yang dimulai pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

Dalam PON XX, terbagi menjadi empat klaster penyelenggaraan, yaitu; Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: Gubernur Lukas Enembe Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi Izinkan Penyelenggaraan PON di Papua

Dalam memberikan semangat juang, Gubernur Papua Lukas Enembe pun memberikan janji atau bonus bagi para atlet yang berprestasi.

“Saya akan berikan 1 miliar bagi atlet yang berhasil meraih medali emas,” kata Gubernur Lukas saat melepas kontingen Papua yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (10/9/2021).

Tak mau ketinggalan dengan tuan rumah, Kontingen dari Provinsi Jambi pun mengiming-iming atletnya dengan status Aparatur Sipil Negara atau ASN.

"Mereka akang diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," kata Gubernur Jambi Al Haris saat pelepasan kontingen Jambi dikutip Tribun-Papua.com dari laman Kompas, Sabtu (11/9/2021).

Al Haris menyebut negara juga sudah memberikan perhatian kepada atlet dan pelatih berprestasi. "Provinsi Jambi juga akan memberikan yang terbaik," katanya.

Baca juga: Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp950 Miliar Untuk PON XX Papua

Pemerintah Provinsi Jambi akan memberikan bonus Rp 300 juta bagi atlet peraih medali emas. Peraih medali perak akan mendapat Rp 125 juta dan perunggu Rp 75 juta.

Sedangkan, pelatih atlet peraih medali emas mendapat Rp 250 juta, perak Rp 100 juta, dan perunggu Rp 75 juta. Kontingen Jambi terdiri dari 101 atlet, 26 atlet atas 22 cabang olahraga, dan 19 ofisial. "Totalnya ada 156 orang," kata Ketua KONI Jambi Budi Setiawan.

Baca juga: Gubernur Lukas Enembe Apresiasi Konsistensi Jokowi Tegaskan PON XX di Papua

Budi Setiawan mengakui bahwa jumlah bonus uang untuk atlet Jambi pada peraih emas dan perak PON XX Papua 2021 kali ini jauh berkurang ketimbang PON XIX Jawa Barat 2016. "Kami mengantisipasi adanya kecurangan jual medali," kata Budi Setiawan. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved