PON XX Papua

Gubernur Lukas Enembe Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi Izinkan Penyelenggaraan PON di Papua

Gubernur Lukas Enembe mengucapkan terima kasih kepada presiden Joko Widodo karena mengizinkan penyelenggaraan PON di Papua

Editor: Musa Abubar
Istimewa
Gubernur Papua Lukas Enembe. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Gubernur Lukas Enembe mengucapkan terima kasih kepada presiden Joko Widodo karena mengizinkan penyelenggaraan PON di Papua

Gubernur menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Presiden Joko Widodo dan seluruh bangsa Indonesia, untuk penyelenggaraa helatan nasional yang akan menjadi harga diri seluruh Papua ini.

Dia meminta seluruh masyarakat Papua dan para pemangku kepentingan untuk mendukung dan memastikan kelancaran pelaksanaannya.

Baca juga: Ini Nasihat dan Pesan Gubernur Lukas Enembe Untuk Stafsus Billy Mambrasar

Sementara itu Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo untuk Gubernur Lukas Enembe dan seluruh masyarakat Papua.

Billy Mambrasar menyebut penyelenggaraan PON XX Papua, sesuai harapan Presiden Jokowi, bukan hanya harus sukses secara event, administrasi dan penyelenggaraan, tetapi harus memberi dampak berganda.

Baca juga: Dukung PON XX Papua, Basarnas Siagakan Heli SAR HR3605 di Lanud Silas Papare

"Oleh sebab itu selama 3 bulan ke belakang ini, saya berkeliling Papua untuk memastikan keterlibatan UMKM, dan juga keterlibatan masyarakat Papua dalam helatan ini, itu perintah pak Jokowi,"kata Billy melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com,Sabtu (11/9/2021).

"Harapan kami, PB PON di Level Provinsi dan di Kabupaten ini memastikan harapan Pak Presiden, agar orang asli Papua dapat dilibatkan lebih lagi di helatan ini, dapat tercapai,"ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp950 Miliar Untuk PON XX Papua

PON XX Papua adalah pesta olahraga multi cabang terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, mempertandingkan 37 cabang olahraga di empat klaster penyelenggaraan.

Keempat klaster penyelenggaran yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Kurang lebih sekitar 7.066 atlet akan mengikuti perhelatan tersebut, mereka berasal dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ini Langkah yang Dilakukan Untuk Hilangkan Trauma Anak-Anak Pengungsi

Untuk mendukung terselenggaranya helatan tersebut, ada 8 pembangunan venue olah raga bertaraf Internasional yang dibangun.

Pemerintah pusat telah menggelontorkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp950 miliar untuk pembangunan venue.

Harapannya, setelah helatan PON, fasilitas tersebut dapat dipergunakan untuk membangkitkan giat ekonomi masyarakat Papua.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved