Breaking News:

Gatal Kulit Bisa Diredakan dengan Minyak Cengkeh, Ini Cara Membuatnya

Cengkeh banyak digunakan menjadi bahan herbal untuk makanan, obat-obatan, campuran di rokok kretek, dan yang paling modern adalah mengambil sarinya.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
organicfacts
Cengkeh - Cengkeh banyak digunakan menjadi bahan herbal untuk makanan, obat-obatan, campuran di rokok kretek, dan yang paling modern adalah mengambil sarinya. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat hingga mengobati kulit gatal, satu di antaranya adalah cengkeh (Syzygium aromaticum).

Cengkeh banyak digunakan menjadi bahan herbal untuk makanan, obat-obatan, campuran di rokok kretek, dan yang paling modern adalah mengambil sarinya dengan membuat minyak atsiri.

Minyak atsiri cengkeh memiliki berbagai variasi warna, mulai dari bening hingga berwarna kekuningan. Minyak ini memiliki wangi hangat dan kuat yang khas dan menjadi daya tarik utamanya.

Cengkeh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain, cengkeh  juga memiliki efek yang baik sebagai antimikroba. Mungkinkah menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sehari-hari?

Obat oles untuk kulit yang gatal

Gatal para kulit bisa disebabkan bakteri, jamur, atau karena reaksi alergi.

Selain memiliki efek antibakteri dan antijamur, rempah beraroma kuat satu ini juga memiliki efek antiinflamasi sehingga bisa meredakan kondisi gatal akibat alergi yang sedang meradang.

Baca juga: Cara Mengolah Cengkeh sebagai Conditioner Rambut, Campurkan dengan Minyak Zaitun

Cara menggunakan minyak atsiri ini untuk meredakan kulit yang gatal ada dua, dengan membuat minyak oles atau dengan menggunakan krim.

Untuk minyak oles, Anda hanya perlu mencampur 10 sampai 15 tetes minyak cengkeh ke dalam minyak pelarut apapun yang Anda punya.

Misalnya, minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved