Breaking News:

Seorang Siswa Demam saat PTM, Ketika Di-tracing Total 54 Siswa Positif Covid-19

Terpantau sebanyak 54 murid di sebuah SMA di Padang Panjang, Sumatera Barat, positif Covid-19 saat mengelar pembelajaran tatap muka.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Ilustrasu rapid test Covid-19 massal - Terpantau sebanyak 54 murid di sebuah SMA di Padang Panjang, Sumatera Barat, positif Covid-19 saat mengelar pembelajaran tatap muka. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Terpantau sebanyak 54 murid di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Padang Panjang, Sumatera Barat, positif Covid-19 saat mengelar pembelajaran tatap muka (PTM) yang dimulai sejak Kamis (12/8/2021) lalu.

Bermula dari satu orang siswa mengalami demam, dan saat dilakukan tes swab, ternyata siswa tersebut positif Covid-19.

Setelah itu dilakukan tracing terhadap 369 orang yang kontak erat dengan siswa tersebut. Mereka terdiri dari 131 siswa, 231 siswi, dan ditambah 7 orang petugas asrama dan petugas kantin.

Baca juga: Polisi: Baru 7 Saksi Diperiksa Atas Dugaan Rudapaksa Anak SMU oleh Oknum Pejabat dan Politisi Papua

Baca juga: Prospek Tinggi Gelombang Sepekan di Papua, 13 Hingga 19 September 2021

"Dari hasil tes yang dikeluarkan Sabtu kemarin ternyata ada 54 siswa yang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuar yang dihubungi Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Kata Nuryanuar, 54 siswa yang positif Covid-19 ini orang tanpa gejala (OTG), dan mengalami gejala ringan.

Saat ini, 54 siswa yang terkonfirmasi Covid-19 itu menjalani isolasi mandiri di asrama sekolah.

"Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di asrama di bawah pengawasan Dinkes Padang Panjang," ujar Nuryanuar yang juga Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Padang Panjang.

Setelah adanya kejadian tersebut, kata Nuryanuar, sebagai langkah antisipasi, PTM di sekolah itu dikembalikan ke daring atau online.

Baca juga: Polisi: Baru 7 Saksi Diperiksa Atas Dugaan Rudapaksa Anak SMU oleh Oknum Pejabat dan Politisi Papua

Nuryanuar mengatakan pemberlakuan pembelajaran daring hanya di SMA 1 Padang Panjang saja, untuk sekolah lain masih seperti biasa yaitu PTM.

"Terhitung Senin (hari ini), PTM di SMA 1 Padang Panjang diganti dengan daring sampai tidak ada kasus lagi di sana," ungkapnya.

Nuryanuar pun meminta kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

"Siapa yang menyebarkan kita tidak tahu karena virusnya tidak kelihatan. Makanya, perlu prokes yang ketat agar bisa terhindar," ungkapnya.

(Kompas.com/ Kontributor Padang, Perdana Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berawal 1 Siswa Demam Saat PTM, Terbongkar 54 Siswa Positif Covid-19"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved