Breaking News:

KKB Papua

Anggota Brimob Korban Tembak KKB di Pegunungan Bintang Diterbangkan ke Kampung Halaman

Kami akan memastikan situasi di Kiwirok aman. Perbuatan KKB menyebabkan pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya lumpuh

ISTIMEWA
DIEVAKUASI - Jenazah Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio, korban tewas saat kontak tembak dengan KKB di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua akan diterbangkan ke kampung halamannya, Minggu (26/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun- Papua.com - Ridwan Abubakar.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Jenazah Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio korban kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok Pegunungan Bintang diterbangkan ke kampung halamannya, Minggu (26/9/2022) sore. Korban merupakan warga Kampung Paniang Aceh Kota Medan Sumatera Utara.

Ini Kronologis Bharada Muhammad Kurniadi Gugur Ditembak KKB Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan Bharada Muh Kurniadi tewas merupakan korban saat terjadi kontak tembak dengan KKB.

"Saat terjadi kontak, ia tertembak dan tidak dapat diselamatkan lagi," ucap Kapolda saat mengecek jenazah almarhum di RS Bhayangkara, Kota Jayapura.

Bharada Muhammad Kurniadi merupakan anggota Brigade Mobil (Brimob) yang tergabung dalam satgas Nemangkawi. Dirinya adalah Anggota Resimen II pasukan Pelopor Kompi III Yon C, Mabes Polri.

Bharada Muhammad Kurniadi, Putra Aceh Gugur Saat Kontak Tembak dengan KKB Papua

Sekadar mengetahui, Bharada Muhammad Kurniadi, putra Aceh gugur saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Minggu (26/9/2021).

KKB Papua pimpinan Lamek Taplo terlibat kontak tembak dengan anggota Satgas Nemangkawi TNI-Polri di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua.

Kepala Satgas Humas Nemangkawi Komisaris Besar Ahmad Mustofa Kamal saat dikonfirmasi membenarkan informasi gugurnya anggota Brimob, Bharada Muhammad Kurniadi, dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok.

Kepala Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi Komisaris Besar Faizal Ramadhani menambahkan, total pasukan yang telah berada di Kiwirok telah mencapai 100 personel.

Baca juga: BREAKING NEWS: 1 Aparat Kembali Gugur Ditembak KKB Papua, Jenazah Langsung Dievakuasi ke Jayapura

“Kami akan memastikan situasi di Kiwirok kembali aman. Perbuatan KKB telah menyebabkan pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya lumpuh,” kata Faizal.

Sebelumnya, KKB pimpinan Lamek Taplo membakar kantor Distrik Kiwirok, puskesmas, pasar, sekolah dasar, rumah tenaga kesehatan, rumah guru, dan kantor Bank Papua di Distrik Kiwirok, Senin (13/9/2021) pukul 09.30 WIT.

Seorang anggota TNI AD, yakni Prajurit Dua Ansar, terluka saat terlibat kontak tembak dengan kelompok tersebut.

Warga Distrik Kiwirok Mengungsi Akibat Gangguan KKB Papua

Anggota KKB Lamek Taplo juga menyerang tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Kiwirok. Seorang perawat bernama Gabriella Meilani (22) gugur dalam insiden ini, sementara empat rekannya mengalami luka berat dalam peristiwa tersebut.

”Dari laporan radio di lapangan, Kurniadi tertembak pada pukul 05.15 WIT. Korban mengembuskan napas terakhir pada pukul 05.45 WIT,” katanya. 

Ia menuturkan, jenazah korban telah dievakuasi ke Oksibil, ibu kota Pegunungan Bintang, menggunakan helikopter pada pukul 07.16 WIT. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved