Breaking News:

PON XX Papua

Khofifah Nilai Momen PON XX Ekspos Budaya Papua, Termasuk Noken

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai momen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dapat mengekspos budaya Papua, termasuk Tas Noken

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PON XX PAPUA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat mengalungkan kain batik kepada salah satu mama Papua penjual Noken di pelataran Taman Imbi, Kota Jayapura, Senin (4/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai momen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dapat mengekspos budaya Papua, termasuk Tas Noken.

Hal itu diungkapkannya saat ditemui Tribun-Papua.com Senin (4/10/2021) disela-sela kunjungannya, di pelataran Taman Imbi Jayapura.

"Dengan adanya momen PON XX, budaya Papua dapat lebih diekspose, termasuk Noken ini,"katanya.

Menurut Khofifah, event empat tahunan itu dapat menjadi panggung budaya Papua, yang luar biasa, dan akan menjadi destinasi wisata yang populer ke depan.

Baca juga: Wujudkan Sukses Ekonomi, PT. Pangan Sari Utama Pekerjakan 179 Volunteer OAP

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga mengapresiasi mama-mama Papua yang merajut tas Noken dengan telaten, hingga menghasilkan karya yang menurutnya luar biasa.

"Mama mama Papua merajut dengan luar biasa, dan ini keterampikan turun temurun oleh masyarakat Papua,"ujarnya.

Baca juga: Kesaksian Tokoh Agama di Lubang Buaya Terkait Peristiwa Gerakan 30 September 1965: Kelam

Mantan Menteri Sosiali RI itu, juga mengajak para atlet, official, maupun kontingen PON XX Papua, agar sebelum kembali ke daerahnya masing-masing, untuk dapat membeli oleh-oleh Noken.

"Jadi menurut saya rugi, jika kontingen PON XX tidak berkunjung ke sini (Taman Imbi), untuk beli oleh-oleh Noken,"ujarnya.

Dia bersyukur, dengan adanya PON XX, masyarakat di luar Papua dapat langsung membeli Noken dengan berbagai motif, yang dinilainya sulit ditemui sebelum adanya event olahraga nasional itu.

Baca juga: 10 Korban Kericuhan Yahukimo Dievakuasi ke Jayapura Papua, 56 Terduga Pelaku Ditangkap

Terakhir, sebelum meninggalkan Taman Imbi Jayapura, untuk menuju Bandar Udara Sentani dan bertolak kembali ke Jawa Timur, Khofifah mengucapkan terimakasih kepada mama-mama Papua.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada mama-mama Papua, dan masyarakat semua, saya pamit,"katanya.

Sekadar diketahui, dalam menyediakan berbagai pilihan oleh-oleh ataupun cemderamata, saat PON XX ini, mama-mama Papua menjajakan Nokennya di pelataran Taman Imbi Kota Jayapura.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved