Breaking News:

PON XX Papua

Menpora Amali Ambil Langkah Cepat Perihal Munculnya Kasus Covid-19 di PON XX Papua

Sebanyak 29 atlet dan ofisial dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 saat mengikuti PON XX Papua.

Editor: Musa Abubar
Tribunnews/Abdul Majid
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita saat diwawancarai setelah mengikuti rapat koordinasi pengkajian terhadap usulan penyelenggaraan Kompetisi Sepakbola Liga 1 dan 2 2021 di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA-Sebanyak 29 atlet dan ofisial dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 saat mengikuti PON XX Papua.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mengetahui hal tersebut pun langsung mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi dengan Panwasrah PON XX Papua, PB PON, Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 untuk segera melakukan tracing.

Baca juga: Geliatkan Ekonomi Masyarakat Papua Lewat PEN Mangrove

“Saya kira pertandingan-pertandingan di PON telah dilaksanakan dengan prokes ketat dan dengan bubble to bubble. Saya kira PON XX Papua masih lanjut terus karena semua sudah divaksin hingga 60-70 persen,” kata Menpora, Rabu (6/10/2021).

Menurut Menpora Amali, saat di cluster Mimika dari Dinkes menyatakan mereka tanpa gejala dan CT valuenya sekitar 37-an dan itu masih aman, dua tiga hari kembali di tes sudah negatif.

Baca juga: Menikmati Kopi di Venue Milik PTFI, Bak Berada di Luar Negeri

Kebanyakan mereka diketahui setelah PCR Swab Test akan kembali ke tempatnya masing-masing.

“Jadi, kalau atlet, pengalaman di berbagai tempat termasuk di olimpiade lalu kalau toh mereka juga terkena (Covid-19) itu recoverynya sangat cepat karena daya tahan tubuhnya bagus," kata Menpora Amali.

"Secepatnya saya akan koordinasi dengan Panwasrah dan Bidang Kesehatan PB PON dan Satgas untuk tracing. Dari informasi, yang satu kamar dengan mereka begitu di tracing negatif. Kita harus tahu darimana terkena karena ini bubble to bubble,”ujarnya.

Baca juga: Rebut Medali Emas, Kontingen Futsal Papua di PON XX Dapat Bonus dari Benhur Tomi Mano

"Saya kira kita harus tangani bersama-sama dan kalau dilihat dari cluster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke ini semuanya hampir menginformasikan semuanya ada,” jelas Menpora.

Seperti diketahui, pemerintah dari awal persiapan PON Papua terus mendorong agar masyarakat divaksin betul. Sebab, jika sudah divaksin maka recoverynya cepat dan tidak akan lama.

Baca juga: Selama PON, 19 Daerah di Provinsi Papua Nihil Kasus Covid-19, Termasuk Kota Jayapura

“Penonton sekitar cluster sudah sekitar 60-70 persen divaksin minimal vaksin tahap pertama dan selalu memakai masker serta menjaga jarak. Karena PON ini adalah kebanggaan masyarakat Papua, pestanya mereka jadi kita hanya bisa mengatur, tapi untuk melarang ketat tidak bisa mereka akan berkerumun lagi,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved