Breaking News:

PON XX Papua

Miris, Tolak Ikan Air Tawar dari Jayapura, Pangansari Datangkan Ikan Laut dari Jawa

PT Pangansari Utama yang andil dalam menjamin konsumsi PON XX di kluster Kabupaten Jayapura, menolak menggunakan ikan air tawar dari para petani ikan.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
PON XX PAPUA - Perwakilan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Yosua Bonar Napitupulu sesalkan keputusan PT Pangansari Utama, untuk memasok ikan segar dari Jawa, guna konsumsi PON XX, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - PT Pangansari Utama yang andil dalam menjamin konsumsi PON XX di kluster Kabupaten Jayapura, menolak menggunakan ikan air tawar dari para petani ikan lokal, di Kabupaten Jayapura.

Selain itu, Pangansari malah mendatangkan ikan segar dari Pulau Jawa, untuk menjamin stok ikan, dalam pemenuhan konsumsi PON XX di kluster Kabupaten Jayapura.

Hal itu diungkapkan perwakilan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Yosua Bonar Napitupulu melalui gawainya, kepada Tribun-Papua.com Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Atletnya Disebut Kabur dari Tempat Isolasi Covid-19, KONI DIY Klarifikasi: Pelatih Tak Paham Prokes

"Iya kami waktu itu baru mendapatkan kabar H-2, Pangansari menolak gunakan ikan air tawar dari para petani ikan di Kabupaten Jayapura, dengan alasan kokinya minta ikan air tawar," jelas Yosua.

Padahal pihaknya telah jauh-jauh hari mempersiapkan produksi ikan air tawar sesuai kemampuan, yakni sebanyak 1 ton Ikan Lele, dan 1 Ton Ikan Mujair.

"Kami juga sebelumnya telah berkoordinasi dengan Pangansari dan juga langsung kepada kepala dinas perikanan," tegasnya.

Yosua juga menyebutkan, pihaknya telah menginfokan kepada Pangansari, terkait kesanggupan pihaknya untuk memenuhi pasokan ikan air tawar.

Baca juga: Pesta Gol 5-1 Papua Tundukkan Kalimantan Timur, Siap Hadapi Partai Final

Sebagai perwakilan petani ikan lokal di Kabupaten Jayapura, Yosua sangat menyayangkan sikap PT Pangansari Utama, yang tidak melibatkan para pembudidaya ikan air tawar.

"Dengan alasan yang sangat gampangnya, kalau mereka (Pangansari), tidak mau gunakan ikan air tawar," sesalnya.

Terakhir, Yoshua mengutarakan seharusnya momen PON XX yang diadakan di Kabupaten Jayapura, dapat membuat PT Pangansari Utama lebih memberdayakan petani lokal. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved