PON XX Papua

Hebat, PON XX Papua Pecahkan Rekor Dunia

Ada 55 rekor baru diperoleh dari cabang olahraga akuatik, atletik, selam, dan angkat besi, yang di antaranya klasifikasi rekor PON dan nasional.

Tribunnews/Jeprima
Suasana pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Pembukaan PON XX Papua dimeriahkan oleh artis lokal dan nasional seperti Raffi Ahmad, Papua Original, Michael J, Tulus, Edo Kondologit, Ruth Sahanaya, Joanita dan masih banyak lagi serta ditutup dengan pesta kembang api pada akhir acara. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Roy Ratumakin

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pelaksanaan pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi berakhir hari ini, Jumat (15/10/2021).

Penutupan PON tersebut direncanakan ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Stadion Utama Lukas Enembe yang terletak di Kampung Harapan, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ternyata, dari sejak hari perdana kompetisi pada 22 September lalu hingga hari ke-22, Kamis (14/10/2021) ada sebanyak 55 rekor baru yang tercipta.

Sebanyak 55 rekor tersebut diperoleh dari cabang olahraga (cabor) akuatik, atletik, selam, dan angkat besi, yang di antaranya klasifikasi rekor PON dan nasional.

Sekjen KONI Pusat Ade Lukman Djajadkusuma, mengatakan pihaknya cukup bangga dengan capaian rekor baru tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Wapres Maruf Amin Kunjungi Kantor MUI Papua Barat

“Kita cukup bangga karena di masa pandemi Covid-19, PON kali ini bisa mencapai rekor baru atau rekor dunia,” kata Ade Lukman saat bertandang ke kantor Tribun-Papua.com, Jumat (15/10/2021).

Sekjen KONI Pusat Ade Lukman Djajadkusuma (kanan) bertandang ke kantor media Tribun-Papua.com, di Kota Jayapura, Jumat (15/10/2021).
Sekjen KONI Pusat Ade Lukman Djajadkusuma (kanan) bertandang ke kantor media Tribun-Papua.com, di Kota Jayapura, Jumat (15/10/2021). (Tribun-Papua.com/Tribun Network)

Hal serupa juga disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"Ini luar biasa semangat dari para atlet di tengah situasi pandemi, tetapi masih bisa melakukan pemecahan rekor," kata Menpora Zainudin Amali dilansir dari situs resmi Kemenpora.

Ada 11 rekor yang tercipta pada cabor atletik.

Baca juga: Jokowi Bersuara, Baru Polisi Gerak Gerebek Pinjaman Online Ilegal: 56 Karyawan Diamankan

Salah satunya ditorehkan atlet lempar lembing asal Jawa Tengah, Atina Nur Kamil, yang juga sukses mengawinkan rekor PON dan nasional dengan jauh lemparan 51,26 meter.

Pelari 400 meter putri asal Sumatera Selatan, Sri Mayasari, juga membuat rekor PON dan nasional yang tidak pernah bergeser selama 37 tahun.

Sri Mayasari finis tercepat dengan catatan waktu 53,32 detik, lebih cepat dari perlari Emma Tahapary yang mencatatkan waktu 54,20 detik.

Sementara dari cabor selam ada lima rekor yang dipecahkan, dengan empat di antaranya dibuat oleh peselam Jawa Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved