Breaking News:

PON XX Papua

PON XX Papua Berakhir Sukses, Wakil Presiden: Torang Bisa

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, sejarah akan mencatat bahwa PON yang pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung sukses.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Wakil presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin, saat memberikan sambutan di Closing PON XX Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pekan olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi berakhir pada Jumat (15/10/2021) malam.

PON XX ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma'ruf Amin di Stadion Utama Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, sejarah akan mencatat bahwa PON yang pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cenderawasih berlangsung sukses.

Baca juga: Sampah Berserakan di Penutupan PON Papua, Petugas Sita Botol Minum di Stadion Lukas Enembe

"Saya bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu menyiapkan dan menyelenggarakan PON kali ini," kata Wakil Presiden dalam sambutanya saat menutup PON XX Papua.

Kata dia, ada beberapa catatan penting yang membuat penyelenggaraan PON XX ini tidak mudah untuk dilakukan.

"Ada catatan penting, yakni pertama pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif dengan standar dan kualitas internasional, kedua penyelenggaraan atau pun venue yang tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke."

Baca juga: Jadi Tuan Rumah PON 2024, Tim Angkat Berat Sumut Ingin Capai Raihan Maksimal

"Jarak antara satu venue dengan yang lainnya merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini, dan ketiga PON XX ini diselengarakan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan prokes yang ketat," ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan, tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya.

Baca juga: Pembangunan SDM di Tanah Papua Jadi Fokus Pemerintah Pusat, Wapres: Torang Bisa

Bahkan ternyata warga Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna.

"Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa!. Torang Bisa bukan hanya semboyan tapi nyata dan terbukti," ungkapnya.

Ia berharap keberhasilan penyelenggaraan PON XX ini dapat dilanjutkan dengan keberhasilan penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua yang akan direncanakan akan dimulai pada bulan November 2021. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved