Breaking News:

Peparnas XVI Papua

Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan Peparnas XVI Papua, Kemenko Ungkap Hal yang Perlu Diperhatikan

Pemerintah memastikan kesiapan penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 yang akan digelar di Papua.

Editor: Claudia Noventa
Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Suasana pelatihan LO dan Volunter Peparnas di Auditorium Uncen Abepura. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah memastikan kesiapan penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 yang akan digelar di Papua.

Sebelumnya, Papua dinilai telah sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

"Pemerintah telah mempersiapkan seluruh aspek yang diperlukan dalam penyelenggaraan Peparnas," kata Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko) PMK Didik Suhardi saat memimpin rapat koordinasi penyelenggaraan Peparnas, dikutip dari siaran pers, Selasa (26/11/2021).

Baca juga: Mahfud MD Minta Keamanan Peparnas XVI Papua Setara PON XX: Jangan Sampai Ada Noda

Baca juga: Home Tournament Chess NPCI Papua Resmi Ditutup, Kajati : Harus Juara Peparnas

Aspek tersebut antara lain akomodasi, venue, peralatan pertandingan, keamanan, transportasi, kesehatan, konsumsi, teknologi informasi, hingga publikasi.

Didik memastikan bahwa semua aspek tersebut telah dipersiapkan dengan baik.

Namun, kata dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penyelenggaraan Peparnas tersebut berjalan sukses.

Di antaranya dukungan untuk para atlet disabilitas seperti tenaga pendamping dan standardisasi sarana prasarana, penginapan, ketersediaan dan kelayakan kamar dan aksesibilitas, penanganan protokol Covid-19, pelaksanaan pertandingan, serta peralatan pertandingan.

"Pelayanan untuk atlet disabilitas harus betul-betul maksimal dan matang. Utamanya akomodasi yang layak disabilitas, dan aksesibilitas sehingga mereka bisa nyaman dalam melakukan pertandingan," kata dia.

Baca juga: Sempat Jualan di Event Semarak Peparnas XVI, Tresia Ohee Raup Penghasilan Rp 1 Juta Sehari

Didik berharap, kesuksesan pelaksanaan PON XX juga dapat terjadi pada pelaksanaan Peparnas XVI.

Sebab, menurut dia, ajang tersebut sangat penting untuk melahirkan talenta-talenta muda berprestasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia.

Adapun Peparnas akan diselenggarakan pada 2-15 November 2021 dengan lokasi kegiatan yang sama dengan pelaksanaan PON XX lalu, yakni di Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pemerintah Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan Peparnas XVI 2021 di Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved