Breaking News:

Papua Techfest 2021

Peringati Hari Sumpah Pemuda,Ratusan Anak Papua Dilatih Kemenkominfo Jadi Pengusaha Start-up Dunia

Bertepatan dengan momen peringatan Sumpah Pemuda, berlokasi di Hotel Suni Lake Garden, Sentani, Jayapura

Editor: Musa Abubar
Istimewa
Suasana kegiatan Papua TechFest 2021 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Bertepatan dengan momen peringatan Sumpah Pemuda, berlokasi di Hotel Suni Lake Garden, Sentani, Jayapura.

kegiatan Papua TechFest 2021 yang merupakan kolaborasi acara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama gerakan Papua Muda Inspiratif (PMI) telah sukses diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring).

Tujuan dari kegiatan Papua TechFest 2021 ialah untuk mempertemukan pilar-pilar penting dalam pembangunan dan pengembangan sistem Teknologi Informasi (IT) di Papua seperti pemerintah, praktisi, akademisi dan komunitas agar turut menciptakan ekosistem startup dan IT di Papua/Papua yang bersinergi.

Baca juga: Menakar Persoalan Papua dari Para-para Masyarakat Adat, LMA Papua Barat: Harus Konsisten

Kominfo berperan penting dalam berjalanya acara dengan sukses. Acara ini merupakan bentuk perhatian Kominfo bersama pemerintah dalam melihat banyaknya generasi pemuda Papua yang bertalenta dan ingin merintis usaha didukung dengan kemajuan teknologi dan literasi digital.

Didukung oleh Papua Muda Inspiratif (PMI), kegiatan Papua TechFest 2021 diharapkan dapat membantu dalam meningkatan Indeks Pembangunan Pemuda di Papua dan Papua Barat ke depanya.

Kegiatan yang mengambil tema "Mendukung Manajemen dan Ekosistem Talenta Digital Bangsa" ini, dimulai tepat pada pukul 10.00 WIT dan dihadiri oleh ratusan pemuda Papua secara virtual serta undangan terbatas yang mengikuti kegiatan secara langsung.

Terdapat dua kegiatan inti pada acara ini, yaitu; Peluncuran Website Manajemen Talenta Papua, dan pelatihan modul literasi digital, ekonomi digital, dan startup digital.

Koordinator gerakan Papua Muda Inspiratif wilayah Mamta, Moses Rawar berterima kasih kepada Kominfo yang telah medukung penuh kegiatan ini.

Baca juga: Siswa SD di Musi Rawas Koma Diduga Dikeroyok 4 Teman Sekolah, Polisi Ungkap Kronologi

Ia juga mengungkapkan bahwa Papua TechFest diharapkan memiliki dampak positif yang berkelanjutan bagi anak-anak muda dan Papua. Ia berharap akan tercipta 1000 start up baru di Tanah Papua pada tahun 2025 nanti.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Kominfo khususnya Bapak Dedy Permadi, Bapak Semuel dan Kakak-Kakak dari Kominfo Yakni Kak Alex dan Dama yang telah melangsungkan Papua TechFest 2021. Dari kegiatan kolaborasi ini, kami berharap talenta-talenta muda akan bermunculan dengan membuat start up baru dari Tanah Papua yang dibekali dengan kemampuan digital, sehingga pada tahun 2025 nanti Papua bisa menciptakan sekitar 1000 founder start up,"ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved