Breaking News:

Paulus Waterpauw

Deputi II BNPP, Paulus Waterpauw Ajak Pedagang Pasar Rakyat PLBN Skouw Menjaga Kebersihan 

Deputi II BNPP, Paulus Waterpauw mengajak pedagang di Pasar Rakyat PLBN Skouw Muara Tami Kota Jayapura Papua menjaga kebersihan.

Istimewa
Deputi II Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Komjen Pol Paulus Waterpuw saat berbincang dengan pedagang di Pasar Rakyat Skouw 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Deputi II Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Komjen Pol Paulus Waterpuw mengajak pedagang di Pasar Rakyat PLBN Skouw Muara Tami Kota Jayapura Papua untuk menjaga kebersihan pasar agar sampah tidak berserakan yang memberikan kesan kumuh.

Ajakan tersebut disampaikan Deputi II BNPP Paulus Waterpauw saat kunjungan yang keempat kalinya ke PLBN Skouw, Selasa (16/11/2021) sejak dilantik 21 Oktober 2021 lalu

Kawasan PLBN Skouw termasuk pasar rakyat yang ada di dalamnya merupakan serambi depan negara di bagian Timur Indonesia. ‘’Sebagai serambi atau pintu masuk negara ini di bagian Timur tentu harus terlihat indah, bersih, aman dan nyaman, untuk itu semua pihak yang berada di perbatasan ini harus menjaga pintu masuk agar tetap nyaman dipandang, bersih dan aman bagi semua pengunjung,’’ jelasnya.

Baca juga: Patung Bung Karno di PLBN Skouw, Deputi II BNNP: Jangan Lupakan Founding Fathers

Kondisi kebersihan Pasar Rakyat PLBN Skouw memprihatinkan karena sampah-sampah berserakan, lantai gedung penuh dengan bercak ludah pinang dari depan sampai ke belakang. Pemandangan itu sudah terlihat sejak kunjungan perdana Deputi II BNNP pada 27 Oktober 2021.

‘’Kami mengajak juga pedagang yang menggunakan gedung ini ikut menjaga kebersihan, menjaga kenyamanan dan keamanan. Pasar ini dibangun dengan desain modern, sangat bagus, kan sayang sekali jika menjadi tidak indah, menjadi kotor, yang ada di sini maupun yang datang tidak akan merasa nyaman dengan kondisi seperti ini. Kita semua secara moril diminta untuk ikut memelihara dan menjaga kebersihannya,’’ jelasnya.

Kondisi pasar yang terkesan tidak terurus ini, kata Komjen Waterpauw tidak terlepas dari status pengelolaan yang sebelumnya ditangani BNPP kemudian diserahkan ke Pemda Provinsi Papua, namun demikian sebagai pedagang yang menggunakan gedung tersebut diharapkan juga berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan.

Baca juga: Peluang Emas Ricky Kambuaya Belum Hasilkan Gol, Timnas Indonesia Kalah Tipis Atas Afghanistan

Kunjungan ke empat kalinya Deputi BNPP tersebut ke Pasar Rakyat PLBN Skouw, Selasa (16/11/2021) disertai dengan aksi nyata pembersihan kasawan pasar, staf BNPP yang berada di PLBN Skouw  melakukan kerja bakti membersihkan bekas-bekas ludah pinang di lantai pasar serta mengumpulkan sampah.

‘’Apa yang kita lakukan hari ini kiranya menjadi penyemangat bagi semua yang ada di sini untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan. Kita semua akan menjadi bangga  jika kawasan PLBN Skouw yang menjadi ikon ini bersih, indah dan nyaman untuk semua orang,’’ harapnya. 

Baca juga: 39 Pelanggar Lalulintas Terjaring di Operasi Zebra Polres Jayawijaya 

Kepala PLBN Skouw Yan Numberi merasa termotivasi dengan kehadiran Deputi II BNPP yang tidak sekadar berkunjung, mempimpin rapat kemudian kembali namun langsung terjun ke lapangan. ‘’Beliau tidak hanya mempimpin rapat, melihat pasar, namun langsung melakukan aksi pembersihan,’’ jelasnya.

Numberi juga berharap pintu gerbang utama PLBN bisa dibuka kembali agar perekonomian di perbatasan kembali bergeliat seperti semula. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved