Sederet Kejahatan Pentolan KKB Yahukimo Temianus Magayang, Pembunuhan hingga Otak Aksi di Yahukimo

Ada empat laporan polisi (LP) yang akan disangkakan kepada salah satu pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Temianus Magayang.

Editor: Claudia Noventa
Satgas Nemangkawi for Tribun-Papua.com
Demius Magayang alias Temius Magayang pentolan KKB pembunuh dua prajurit TNI AD ketika dievakuasi dari Yahukimo menuju Jayapura 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ada empat laporan polisi (LP) yang akan disangkakan kepada salah satu pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Temianus Magayang.

Diketahui, Temianus Magayang ditangkap di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Sabtu (27/11/2021).

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani menyebutkan, dari empat kasus tersebut, tiga di antaranya adalah kasus pembunuhan yang dilakukan bersama tokoh KKB lainnya, Senat Soll.

KKB Yahukimo, Demius Magayang
KKB Yahukimo, Demius Magayang (Satgas Nemangkawi for Tribun-Papua.com)

Adapun Senat Soll sudah meninggal di Jayapura pada 26 September 2021 karena luka tembak di kaki saat ditangkap di Dekai pada 1 September 2021.

"Akan ada empat LP yang disangkakan ke Temianus Magayang, tiga LP terkait dengan Senat Soll, pertama adalah pembunuhan terhadap Amirullah, kemudian korban Sofian Purung dan pembunuhan Hendry Jovinski yang merupakan staf KPUD Yahukimo," ujar Faizal di Jayapura, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Sosok Pentolan KKB Temianus Magayang, Masih 25 Tahun dan Dikenal sebagai Kepala Desa Sesepi

Baca juga: Komposisi Tim Perseman Manokwari Siap, Pelatih Yonas Sineri: Pemain yang Datang Telah Layak

Kepemilikan Senjata Api

Kemudian, satu kasus lain yang disangkakan kepada Temianus Magayang adalah kepemilikan senjata api.

"Lalu karena saat ditangkap dia didapati membawa sejata api rakitan dan peluru maka kita sangkakan juga LP kepemilikan senjata dan amunisi ilegal," kata Faizal.

Proses hukum Temianus Magayang akan dilakukan setelah tim dokter RS Bhayangkara Jayapura menyatakan tersangka telah sembuh dari luka tembak yang dideritanya.

Otak Aksi di Yahukimo

Temianus Magayang merupakan salah satu otak dari berbagai aksi kriminal di Yahukimo.

Ia adalah sosok yang mengundang Tendius Gwijangge untuk datang ke Yahukimo dan melakukan serangkaian aksi bersama Senat Soll.

Senat Woll merupakan pecatan anggota TNI yang lari ke Yahukimo akibat terlibat aksi jual beli amunisi dengan KKB di Kabupaten Mimika pada 2018.

Baca juga: Pentolan KKB yang Ditembak Aparat Dirujuk ke RS di Jayapura, Sempat Ditembak karena Melawan

Sementara Tendius Gwijangge yang merupakan mantan anak buah Egianus Kogoya, Pimpinan KKB Nduga, kini berada di Distrik Suru-Suru.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved