Breaking News:

Covid 19

Presiden Jokowi Akhirnya Gratiskan Vaksin Booster

Perdebatan soal harga dari vaksin booster akhirnya menemui titik terang. Presiden Jokowi dengan tegas mengumumkan bahwa vaksin booster gratis.

Editor: Roy Ratumakin
KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO
Suasana kunjungan Presiden Joko Widodo di Pasar Umum Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022) pagi. Dalam kunjungan kerja di pasar rakyat yang berlokasi di pusat kota tersebut, Jokowi membagikan sebanyak 500 paket sembako dan 125 amplop masing-masing berisi uang tunai Rp 1,2 juta kepada pedagang. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Perdebatan soal harga dari vaksin booster akhirnya menemui titik terang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengumumkan bahwa vaksin booster tersebut dapat diperoleh dengan gratis.

Alasannya simple, yaitu untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia secara keseluruhan dari kepungan virus Covid-19.

Baca juga: Perbedaan Vaksin Booster Gratis dan Bayar, Ini Kata Kemenkes

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," kata Jokowi dikutip dari laman Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Jokowi menuturkan, proses vaksin booster dimulai pada 12 Januari 2022 atau Rabu besok. Adapun prioritas sasaran vaksin booster ini adalah lansia dan kelompok rentan.

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," ujarnya.

Kemudian, Kepala Negara juga menjelaskan tentang syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi dosis ketiga ini, yaitu calon penerima vaksin sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan lalu.

Baca juga: Papua Siap Laksanakan Vaksin Booster Meski Masih Menunggu Juknis Kemenkes

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Karena vaksinasi dan disiplin prokes merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," tambahnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jokowi: Saya Putuskan Vaksin Booster Gratis karena Keselamatan Rakyat yang Utama

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved