Breaking News:

Covid 19 di Papua

Ini Daftar 5 Jenis Vaksin Booster bagi Masyarakat

kini vaksinasi tahap ketiga atau vaksin booster tak hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, melainkan pula masyarakat pada umumnya.

Tribun-Papua.com/Roy Ratumakin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari saat memberikan keterangan pers belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Gratianus Silas

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sejak awal, selain vaksinasi tahap pertama dan kedua, vaksinasi tahap ketiga juga telah berjalan, dengan sasaran utama tenaga kesehatan.

Tujuannya memperkuat kekebalan tenaga kesehatan yang berada pada garda terdepan menangani pasien Covid 19 di fasilitas kesehatan, baik di puskesmas, rumah sakit, maupun tempat karantina terpadu.

Namun, kini vaksinasi tahap ketiga atau vaksin booster tak hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, melainkan pula masyarakat pada umumnya, terlebih sejak Presiden RI, Joko Widodo, memberi sinyal gratiskan vaksin booster bagi seluruh warga Indonesia dari Merauke sampai Sabang.

Baca juga: Raport Bursa Transfer Persipura : 6 Pemain Baru Siap Beraksi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Antari, memaparkan ketersediaan vaksin di Kota Jayapura, antara lain Moderna yang kedaluwarsa di tahun 2022 ini, serta Coronavax Covid-19 BioFarma.

“Kalau AstraZaneca itu kita tidak punya, sama Pfizer juga tidak punya. Nanti kita minta vaksin booster yang ada 5 jenis itu dari pemerintah,” sebut Ni Nyoman Sri Antari, Jumat (14/1/2022).

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin 5 jenis vaksin Covid-19 untuk vaksinasi booster atau lanjutan, beserta penggunaannya.

Baca juga: Kejar Mutiara Hitam, Persela Datangkan Eks Persipura: Valentino Telaubun

Informasi tersebut disampaikan Kepala BPOM Penny Lukito melalui konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Badan POM RI, Senin (10/1/2021).

"Sampai dengan saat ini, kami melaporkan ada 5 vaksin yang telah mendapatkan use authorization dan telah melalui proses evaluasi bersama tim ahli Komite Nasional Penilai Obat atau Vaksin dan telah mendapatkan rekomendasi memenuhi persyaratan yang ada, sehingga bisa dilanjutkan dengan proses pemberian emergency use authorization (EUA)," kata Penny yang dikutib dari KOMPAS.com.

Ada pun kelima vaksin yang dimaksud meliputi:

1. Coronavax Covid-19 BioFarma (homolog)

Baca juga: Sepi Wanimbo : Jangan Paksanakn  Warga Untuk Vaksinasi

2. Pfizer (homolog)3. AstraZeneca (homolog)

4. Moderna (homolog dan heterolog)

5. Zivivax (heterolog)

Baca juga: Ini Alasan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng Berhentikan Ribuan Honorer

Untuk diketahui, vaksin booster adalah dosis vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit, karena efek dari beberapa vaksin yang dapat menurun seiring waktu.

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved