Pendidikan

Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia Bertemu di Papua Barat Merumuskan Piagam Fakfak

Tiga pendidikan tinggi di Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur membacakan Deklarasi FakFak disela-sela peresmian Inkubator Bisnis Polinef

Editor: Musa Abubar
Istimewa
Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar bersama pejabat tiga perguruan tinggi 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Masih dalam momentum peresmian Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) "Krakiminah" milik Politeknik Negeri FakFak (Polinef) pada Kamis 20 Januari 2022, dibacakan pula Deklarasi FakFak oleh tiga pendidikan tinggi di Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

Deklarasi tersebut merupakan gagasan yang dibawa oleh Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar dan ditulis ke dalam Piagam.

Baca juga: Pulang dari Reuni Alumni SMA, Lansia di Lampung Dianiaya Temannya hingga Masuk RS

Piagam tersebut menyatakan kesiapan bersinergi dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan di lingkungan pendidikan Tinggi baik Negeri, Swasta maupun melalui Forum Inkubasi Bisnis.

Tiga pendidikan yang tinggi telah menandatangani piagam tersebut  adalah; dari kawasan Indonesia barat yaitu Universitas Teuku Umar Aceh diwakili oleh Kepala IBT, Said Achmad Kabiru Rafiee, Purwanto selaku Rektor Universitas Panca Bhakti mewakili Indonesia bagian tengah serta  Politeknik Negeri FakFak yang diwakili Muhammad Subhan sekaligus merepresentasikan Timur Indonesia.

Baca juga: DPD KNPI Mamteng Dilantik, Berius Kogoya: Ini Awal Majukan Para Pemuda

Pada pertemuan dengan Direktur Politeknik Negeri se- Indonesia (FDNI), Billy Mambrasar yang juga pembina IBT Universitas Teuku Umar dan Polinef ini, berharap agar kampus-kampus lain juga nantinya dapat mendukung ekosistem kewirausahaan di kampus mereka masing-masing.

"Sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo, kita semua harus mendorong agar 5 % dari populasi di Indonesia menjadi wirausahawan, khususnya kalangan muda di Indonesia,"kata Billy melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com,Senin (24/1/2022).

Baca juga: BEM Uncen Minta 8 Mahasiswa yang Ditahan Akibat Kibarkan Bintang Kejora Segera Dibebaskan 

"Pendidikan tinggi adalah salah satu tempat yang strategis untuk mewadahi kegiataan kewirausahaan ini dan juga merangkul lingkungan di sekitar kampus,"ujarnya Stafus asli Papua ini.

Direktur Politeknik Negeri FakFak,Muhammad Subhan menjelaskan bahwa Polinef terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai sektor dalam memajukan IBT dan kegiatan Polinef lainnya.

Saat ini, kata dia, Politeknik Negeri FakFak juga merangkul gerakan Papua Muda Inspiratif untuk dapat berkolaborasi dengan lebih banyak lagi anak-anak muda di Tanah Papua.

"Seperti yang disampaikan oleh Stafsus Billy Mambrasar, kami siap untuk mendukung program Jokowi dalam menciptakam giat kewirausahaan,"katanya.

Baca juga: LKKJ dan SWB Bantu Korban Banjir Nimbokrang

"Dari tahun kemarin, kami sudah membuka kerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari kalangan pemerintah, masyarakat sekitar hingga organisasi kepemudaan lokal,"ujarnya.

Sekadar diketahui, rangkaian acara Politeknik Negeri FakFak yang bertajuk 'Polinef dari FakFak Papua Barat untuk Indonesia' diadakan selama sepekan mulai dari 17 hingga 22 Januari 2022 di kampus yang berada di Kota Pala itu

Momentum ini dihadiri oleh puluhan tokoh penting dan masyarakat. Acara deklarasi itu juga disaksikan Bupati FakFak, Untung Tamsil yang selalu mendukung penuh program-program Polinef.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved