Soal Konflik Keamanan di Papua-Papua Barat, Panglima Andika: Ini Masalah yang Kita Hadapi Selamanya

Terkait konflik keamanan di Papua dan Papua Barat, disebut Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memungkinkan dihadapi TNI untuk selamanya.

Tribun-Papua.com
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa - Terkait konflik keamanan di Papua dan Papua Barat, disebut Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memungkinkan dihadapi TNI untuk selamanya. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Terkait konflik keamanan di Papua dan Papua Barat, disebut Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memungkinkan dihadapi TNI untuk selamanya.

Sehingga ia menyebut perlunya strategis jangka panjang untuk bisa menyelesaikannya.

Hal itu diungkapkan Andika saat menyampaikan paparan awalnya dalam rapat bersama Komisi I di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Baca juga: KKB Serang Aparat di Dekat Bandara Kiwirok, 1 Personel Kena Luka Tembak

Baca juga: Ignatius Yogo yang Fokus Tangani KKB Papua Jadi Komandan Kodiklat TNI AD, Kini Berpangkat Letjen

"Untuk Papua dan Papua Barat seperti halnya yang saya sampaikan saat fit and proper test. Masalah ini adalah masalah yang menurut saya akan kita hadapi selamanya," ujar Andika, Senin.

Andika mengatakan, penyelesaian masalah di Papua dan Papua Barat berhubungan erat dengan cara pemikiran yang sangat dinamis.

Karena itu, perlu ada strategi penanganan jangka panjang untuk menyelesaikan masalah di Papua dan Papua Barat.

"Ini harus juga dihadapi dengan strategi yang lebih sustainable atau yang lebih yang bisa dilakukan dalam jangka panjang," kata Andika.

Baca juga: KKB Serang Aparat di Dekat Bandara Kiwirok, 1 Personel Kena Luka Tembak

Dalam kesempatan itu, Andika menyampaikan bahwa secara umum ada beberapa perubahan yang dilakukannya dalam rangka menghadapi dinamika di Papua dan Papua Barat.

Salah satunya adalah dengan mengembalikan tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Dengan mengembalikan tugas-tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat menjadi bagian dari tugas-tugas dan operasi satuan organik seperti halnya yang dilakukan di provinsi lain maupun pulau lain," kata Andika.

(*)

Berita Daerah Lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panglima Andika Sebut Polemik di Papua-Papua Barat Akan Jadi Masalah yang Selamanya Dihadapi TNI"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved