Nasional

Ini Makna Patung 'Speed' Presiden Jokowi Karya Nyoman Nuarta di Sirkuit Mandalika

Kecepatan dan akselerasi menjadi dua aspek simbol 'speed' sesuai seniman Nyoman Nuarta tafsirkan terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi selama ini.

Tribun Jabar/Deni Denaswara
PATUNG JOKOWI – Pekerja tengah melakukan proses pengelasan saat pembuatan patung Jokowi Naik Motor di komplek Galeri Nu Art, Setraduta, Bandung, baru-baru ini. Patung yang akan dipajang di kawasan Sirkuit Balap Internasional Mandalika, Lombok Tengah itu berangkat dari Bandung, Sabtu (19/2) malam. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA –  Studio Nyoman Nu Art di Kota Bandung dalam beberapa minggu terakhir sangatlah sibuk dengan berkonsentrasi penuh menyelesaikan patung 'speed' yang menggambarkan sosok Presiden Joko Widodo yang tengah melesat mengendarai motor custom.

Patung tersebut tak lain merupakan karya seniman Nyoman Nuarta asal Bali.

Memiliki berat 3 ton, karya 'speed' berukuran 670x185x390 centimeter dari bahan tembaga dan kuningan.

Baca juga: Ini Kata Jenderal Dudung tentang Sosok Presiden Jokowi, Bahar bin Smith, hingga Rizieq Shihab

"Kecepatan dan akselerasi, menjadi dua aspek yang saya masukkan dalam simbol 'speed' ini. Itulah yang saya tafsirkan terhadap kepemimpinan Pak Jokowi selama ini. Beliau selalu mendorong percepatan pencapaian cita-cita bangsa," kata Nyoman Nuarta dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2).

Patung monumental ini bakal menjadi ikon yang tak hanya mewakili area sirkuit, melainkan era baru olahraga otomotif di tanah air dan menjadi representasi dari karakter seorang pemimpin.

"Selain kesukaannya blusukan, Pak Jokowi juga suka dengan mengendarai motor custom buatan anak bangsa. Salah satu ukuran penting seorang seniman ialah integritas dan kejujuran. Dan saya selalu pegang itu," katanya.

Nyoman Nuarta juga menjelaskan bahwa karya 'speed' ini direpresentasikan sebagai pengendali kecepatan dan pendorong kemajuan.

Mengendarai motor modifikasi, katanya secara implisit bermakna penanda utama pembangunan bangsa, terlebih di masa krisis global saat ini.

"Saya berusaha menangkap kesan sosok seorang pemimpin yang terus berusaha membangun bangsa tanpa menghilangkan kesan sederhana dan kesukaannya mengendarai motor," ujarnya.

Baca juga: Ini Kata Jokowi Saat Omicron Mulai Memuncak

Diketahui, nantinya, patung 'speed' dipasang di gerbang masuk sirkuit Internasional Mandalika Lombok dan akan menjadi ikon di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Nyoman Nuarta menyampaikan bahwa kemungkinan hanya membutuhkan waktu dua hari saja untuk memang patung yang dikerjakan 20 orang selama sebulan itu di Mandalika.

"Pemasangan di lokasi akan ditangani oleh para tenaga ahli dari Bandung sebanyak enam orang,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved