Internasional

Dampak Perang Rusia dan Ukraina, Rupiah Bisa Tembus Rp 15 Ribu

Sebab, pada hari ini saat invasi Rusia dimulai, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sudah bergerak ke level Rp 14.500.

via Daily Mail
Sebuah ledakan terlihat pada Kamis dini hari di kota Kharkiv, Ukraina. Invasi Rusia ke Ukraina telah dimulai. Ledakan terjadi di beberapa tempat. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Perang antara Rusia dan Ukraina sangat terasa dampaknya terhadap Indonesia.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, dampak ketegangan antara Rusia dan Ukraina paling terasa ke sektor keuangan Indonesia.

Sebab, pada hari ini saat invasi Rusia dimulai, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sudah bergerak ke level Rp 14.500.

"Rupiah melemah dan ini akan terus bergerak, diperkirakan mendekati level Rp 15 ribu, jika kondisi konflik eskalasinya semakin meluas dan melibatkan banyak negara," ujarnya melalui pesan singkat yang dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (24/2/2022).

Baca juga: KBRI dan Kemlu Kontak 138 WNI di Ukraina, Begini Kondisi Mereka Saat Ini

Baca juga: Potensi Terburuk WNI Jadi Korban Perang Rusia dan Ukraina, PSI: Pemerintah RI Segera Evakuasi!

Baca juga: Harga Minyak Sentuh Angka 95,46 Dollar AS per Barrel

Menurut dia, ini akan menimbulkan instabilitas, dan tentunya merugikan proses pemulihan dan moneter di Indonesia, karena juga bertepatan dengan tapering off dan kenaikan suku bunga di negara-negara maju.

Sementara, dampak kedua adalah efek dari harga komoditas, di mana minyak mentah sudah tembus di atas 100 dolar Amerika Serikat (AS) per barel.

Bhima menambahkan, kenaikan harga minyak akan meningkatkan inflasi dan membuat biaya logistik hingga barang-barang kebutuhan pokok lebih mahal.

"Efeknya adalah harga kebutuhan pokok semakin meningkat, daya beli semakin rendah, dan subsidi energi membengkak cukup signifikan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved