KKB Papua

450 Prajurit Yonif Raider Kalimantan Timur Dikirim ke Papua, Segera Tumpas KKB?

Mereka akan membantu pengamanan dan pembinaan teritorial, termasuk menekan ruang gerak anggota Kelompok kriminal Bersenjata (KKB).

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Prajurit Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman menggelar apel tradisi ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (28/3/2022).(KOMPAS.com/AHMAD RIYADI) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sebanyak 450 prajurit TNI dari Komando Daerah Militer VI Mulawarman akan dikirim ke Papua dalam waktu dekat.

Ratusan prajurit itu tergabung dalam Operasi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600 Modang.

Mereka akan membantu pengamanan dan pembinaan teritorial, termasuk menekan ruang gerak anggota Kelompok kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI Mulawarman Kolonel Inf M Taufik Hanif mengatakan, saat ini kesiapan personel terus dipantau sebelum dikirim ke Papua.

Baca juga: Dikenal Ganas, Begini Sosok Egianus Kogoya Pimpinan KKB Papua yang Serang Pos Marinir Nduga

Baca juga: Mengenal Pelontar Granat GLM Tewaskan 2 Marinir, Prada Yotam Latih KKB Papua hingga Reaksi KSAL Yudo

"Lagi persiapan untuk dikirim ke Papua, ada 450 prajurit dari Yonif Raider 600 Modang," kata Taufik kepada Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Prajurit tersebut nantinya akan ditempatkan di sejumlah pos keamanan untuk membantu petugas mengatasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sebelum diberangkatkan, prajurit menjalani tradisi yakni salah satunya ziarah ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berada di Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan pada Minggu (27/3/2022) pagi.

Komandan Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman Mayor Inf Karuniawan Hanif Arridho mengatakan tujuan dari kegiatan ziarah tersebut untuk berdoa kepada tuhan agar para pahlawan diampuni segala dosanya.

Sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan tempur.

"Ini dalam rangka tradisi satuan dan saya memohon doa restu di sini karena akan melakukan tugas operasi ke Papua dalam beberapa minggu ke depan," ungkapnya.

Usai berziarah, Danyonif bersama rombongan menuju Kompi Senapan C Yonif Raider 600 Modang yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Di sana Danyonif memberikan pengarahan kepada para prajurit Kompi Senapan C beserta Persit terkait kesiapan para prajurit yang akan diberangkatkan nantinya.

Baca juga: Mahfud MD Diminta Segera Realisasikan Provinsi Pegunungan Tengah, Marinus: Agar KKB Papua Teratasi

TANGKAPAN LAYAR - Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.
TANGKAPAN LAYAR - Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua. (Google Earth)

KKB Serang Bandara Kenyam Nduga

Terabru, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan kembali melancarkan gangguan keamanan di Kabupaten Nduga, Papua.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved