Papua Terkini

Gelar Workshop, YPMAK Edukasi Mekanisme Verifikasi Klaim BPJS Kesehatan 

YPMAK adalah lembaga atau yayasan yang dipercayakan oleh PT Freeport Indonesia untuk mengelola dana kemitraan.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar workshop, sebagai bentuk mekanisme verifikasi klaim BPJS Kesehatan, di Swiss-Bell Hotel Papua Jayapura Dok II, Selasa (29/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar workshop tentang pemahaman dan penyelarasan mekanisme verifikasi klaim BPJS kesehatan, 

Pantauan Tribun-Papua.com, workshop bertajuk Verifikasi Klaim RSMM atas Penjaminan Kesehatan YPMAK dengan Tarif BPJS tersebut, digelar di Swiss-Bell Hotel Papua, Kota Jayapura, Selasa (29/3/2022). 

Kepala Divisi Program Kesehatan YPMAK Hengky Womsiwor menjelaskan, maksud dan tujuan YPMAK menggelar workshop dan studi banding ialah untuk penerapan BPJS di rumah sakit mitra masyarakat ke depannya.

"YPMAK melalui pengelola rumah sakit, yaitu Yayasan Caritas Timika Papua sudah bekerja sama dengan BPJS kesehatan sejak tahun 2018," katanya.

Baca juga: Herman Harap Anak Muda Kamoro Tetap Pertahankan Warisan Budaya Nenek Moyang

Saat ini, YPMAK bersama mitranya PT Sinabuk Nemangkawi Abadi mengirimkan beberapa peserta sebagai verifikator. 

"Melalui workshop, para verifikator ini akan belajar bersama-sama untuk mendapatkan materi terutama dari BPJS cabang Jayapura dan juga pihak RSUD Dok II Jayapura," tutur Hengky.

Pembelajaran yang diperoleh peserta sebagai verifikator ialah, bagaimana cara mengcoding, verifikator handal, cara klaim, dan kaidah-kaidah apa yang harus ditaati untuk bekerja sama dengan BPJS.

"Banyak hal yang kami pelajari secara teori dalam workshop, dan nantinya kami akan berkunjung ke Rumah Sakit Provita dan Rumah Sakit Dian Harapan, kami juga ingin belajar dari mereka, terkait kerja sama rumah sakit tersebut dengan BPJS Kesehatan," paparnya.

Hengky menyampaikan workhsop yang digelar selama 2 hari itu, juga bertujuan untuk melihat manfaat-manfaat apa saja yang bisa dipelajari. 

"Kami mau lihat manfaat-manfaat apa saja, dan nanti kami kembali ke Timika, maka akan menerapkannya ke internal kami, terutama Rumah Sakit YPMAK sebagai rumah sakit mitra masyarakat, sehingga diharapkan dapat mandiri menggunakan jaminan kesehatan nasional," harapnya.

Sementera itu, Konsultan Pendamping Divisi Kesehatan Bidang Kesehatan Perorangan dr Harold Manueke menjelaskan, YPMAK adalah lembaga atau yayasan yang dipercayakan oleh PT Freeport Indonesia untuk mengelola dana kemitraan.

"YPMAK ini memiliki banyak program, ada di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan khusus untuk kesehatan, ada dua bagian, yakni kesehatan masyarakat dan kesehatan perorangan," jelasnya.

Untuk kesehatan perorangan, Harold menyebutkan, setidaknya ada 3 program besar di dalamnya, termasuk memandirikan masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved