Pemkab Jayapura

Revisi RTRW Kabupaten Jayapura, Wabup Giri Wijayantoro: Musibah Banjir Bandang Jadi Pelajaran

Banjir yang pernah melanda Kabupaten Jayapura tahun 2019 menjadi pelajaran berharga, termasuk menjadi perhatian saat penyusunan revisi RTRW

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Penyusunan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua perlu peran semua pihak. Tak hanya pemerintah daerah, tapi juga kalangan akademisi dan pemerhati lingkungan.

Ini Pesan Bupati Jayapura Menjelang Perayaan Paskah: Saling Mengasihi dalam Kebhinnekaan

Karena revisi tersebut dilakukan demi penyempurnaan RTRW Kabupaten Jayapura, agar peristiwa termasuk bencana alam yang pernah terjadi di Kabupaten Jayapura tidak terulang lagi. Karena, tak hanya masyarakat yang menerima dampaknya, tapi juga pemerintah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat diwawancarai Tribun-Papua.com di sela-sela revisi penyusunan RTRW Kabupaten Jayapura yang dilaksaakan di Kantor Bupati, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Bupati Jayapura Berharap Presiden Jokowi Hadir saat Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

“Banjir yang pernah melanda Kabupaten Jayapura tahun 2019 menjadi pelajaran berharga, termasuk menjadi perhatian saat penyusunan revisi RTRW kali ini,” katanya.

Salah satu pertimbangan untuk melakukan revisi RTRW kali ini adalah terkait peristiwa musibah tersebut, sehingga beberapa wilayah tata ruang berubah menjadi rawan bencana.

Mathius Awoitauw: Pemerintah Pusat Segera Ambil Keputusan soal Batas Kabupaten Jayapura-Yalimo

"Oleh karena itu perlu ditata ulang lagi RTRW-nya agar musibah itu tidak terulang Kembali. Ini sekaligus kick off dari Kabupaten Jayapura," jelasnya.

Giri berharap revisi RTRW tersebut bisa selesai sesuai target waktu yang telah ditentukan, sehingga RTRW tersebut bisa disahkan menjadi peraturan daerah (Perda). (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved