Pendidikan

Menteri Nadiem Ajak Warga Manfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi , Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Editor: Musa Abubar
Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberikan kata sambutan usai serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Nadiem Makarim resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang sudah dibuka.

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diluncurkan melalui Merdeka Belajar episode kesepuluh.

Baca juga: Amerika Sorot 3 Hal Menonjol di Indonesia, Mulai Polisi Langgar Privasi hingga Konflik Papua

“Saya mengajak semua pelajar, pendidik, serta pelaku budaya untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini,”kata Menteri Nadiem melalui video yang ditayangkan di media sosial Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Rabu (13/4) dikutib dari kemendikbud.go.id.

Baca juga: Pendukung Persipura Gugat Laga Barito Putera vs Persib ke PN Jakarta Pusat, BTM: Kami Dukung!

Pada 2022 ini, Beasiswa Pendidikan Indoensia akan diberikan kepada lebih dari 3.000 penerima beasiswa baru untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami akan terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerima manfaat dari beasiswa pendidikan Indonesia,”ujar Menteri Nadiem.

Baca juga: Selain David Rumakiek dan Fitrul Dwi Rustapa, Siapa Lagi yang Keluar dari Persipura?

Perluasan beasiswa LPDP memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas melalui program gelar dan nongelar.

Melalui program ini, kata dia, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebih luas, beragam, dan tepat sasaran.

Baca juga: Izinkan Mudik, Jokowi Malah Takut Hal Ini Terjadi kepada Masyarakat

“Selain untuk pendidikan gelar, Beasiswa LPDP sekarang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program non-degree atau yang biasa disebut sebagai program microcredential,”katanya.

Terobosan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui program perluasan beasiswa LPDP adalah dengan mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya.

Baca juga: Polisi Tangkap 5 Orang yang Berada Ditengah Aksi Lempara Batu Massa Demo Tolak Pemekaran Senin Pagi

“Program ini tidak hanya diberikan untuk jenjang Pascasarjana, melainkan untuk mahasiwa jenjang S1, seniman, dan pelaku budaya pun bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi,” ujar Nadiem.

Semua Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia.

Terutama siswa dan mahasiswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya.

Baca juga: Warga Muslim Kota Jayapura Mulai Buru Aneka Kuker dan Parcel Lebaran

Kemendikbudristek juga selalu berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan dana dan keberlangsungan program beasiswa ini demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat ditemukan di laman beasiswa.kemdikbud.go.id. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved