Pemkot Jayapura

Safari Ramadan Terakhir, Rustan Saru Kenang 5 Tahun Bersama Wali Kota Hingga Terharu dan Minta Maaf

Wakil Wali Kota Jayapura H Rustan Saru mengenang 5 tahun kepemimpinannya bersama Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Humas Pemkot Jayapura for Tribun-Papua.com
JAYAPURA TERKINI - Wakil Wali Kota Jayapura H Rustan Saru, saat memberikan sambutannya dalam Safari Ramadan ke-10 di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Jayapura, Sabtu (23/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam gelaran Safari Ramadan ke-10 atau yang terakhir, Wakil Wali Kota Jayapura H Rustan Saru mengenang 5 tahun kepemimpinannya bersama Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM), hingga terharu dan memohon maaf.

Dalam sambutannya yang dikutib Tribun-Papua.com, Minggu (24/4/2022), Rustan menyampaikan permohonan maaf, atas kesalahan maupun kekhilafan selama dirinya menjabat Wakil Wali Kota Jayapura.

Baca juga: Idul Fitri 2022: Simak Aturan Lengkap Halalbihalal saat Lebaran

"Selama 5 tahun ini, apabila ada ungkapan, kata-kata, bahasa komunikasi, perbuatan yang tidak menyenangkan hati, baik disengaja ataupun tidak, saya memohon maaf yang sedalam-dalamnya," kata Rustan dengan nada terisak-isak.

Baca juga: Masyarakat asal Sulawesi Selatan Serbu Bioskop, Nonton Bareng Film Sang Saudagar #TabePuang

Rustan mengatakan sesuai dengan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri tepat 5 tahun yang lalu, jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura akan secara resmi berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang.

"Saya sangat bersyukur, bangga dan bahagia, sekaligus terharu, karena selama 5 tahun ini, saya menemukan banyak saudara, sahabat, teman dan kerabat," kenang Rustan.

Selama 5 tahun mendampingi Benhur Tomi Mano, dirinya banyak belajar soal bagaimana saling mengasihi, menghormati, dan menghargai satu sama lain, hingga kini dikatakannya ia terus belajar untuk itu.

Baca juga: Tertarik Jadi Pelatih Persipura, Eduard Ivakdalam: Banyak yang Ingin Saya Menangani Mutiara Hitam

"Saya khawatir itu jangan sampai setelah pengabdian selesai, seperti kaka yang meninggalkan adiknya untuk berjalan sendiri, tentu kita tahu seperti orangtua yang meninggalkan anaknya ketika memasuki hidup baru," ujarnya.

Lelaki asal Sulawesi itu, menyebut keyakinan dan kepercayaannya, terhadap apa yang telah Wali Kota Jayapura tanamkan, itulah sebagai modal dan masyarakat harus mampu menjaganya.

"Paling tidak apabila tidak bisa berbuat yang besar, maka yang kecilpun jadi, tetap jaga persatuan, kesatuan dan persaudaraan," katanya.

Baca juga: Insiden KM Sinabung Tabrak KM Nusantara 63 di Pelabuhan Biak, Tak Ada Perubahan Waktu Pelayaran

Melalui momentum itu, Rustan juga berpesan agar siapapun yang menjadi wali kota maupun pejabat wali kota, maka harus dihormati, dihargai, dan mendukung sepenuhnya serta loyal kepadanya.

"Kita berharap agar nantinya Wali Kota Jayapura yang menjabat, perlu adanya perhatian yang lebih mendalam kepada keselamatan masyarakat Kota Jayapura, menjaga situasi dan memberikan yang terbaik,"ujar Rustan.

Terkait itu, Rustan yakin bahwa masyarakat ialah orang yang cerdas dan hebat, maka bisa menjaga itu.

Baca juga: Launching Honda All New Genio di Sorong City, Astra Motor Papua Tampil Lebih Berkarakter

"Terimakasih banyak untuk semua pihak yang telah loyal membantu saya dan pak wali kota, saya berdoa kepada Allah swt, segala niat baik dibalas olehNya," tambah Rustan.

Sekadar diketahui, dalam rangka membina hubungan baik, silaturahmi terhadap umat Islam di Kota Jayapura, terutama di masjid-masjid, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melaksanakan Safari Ramadan 1443 Hijriah.

Total telah ada 10 masjid di Jayapura, yang dikunjungi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura selama Ramadan ini, dan telah menyerahkan sejumlah bantuan.

Baca juga: Manajer Timnas Thailand Singgung Persiapan Timnas U-23 Indonesia Jelang SEA Games 2021

Untuk edisi terakhir, Safari Ramadan digelar di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Jayapura, dengan agenda buka puasa bersama forkopimda, pimpinan OPD, dan masyarakat.

Antusias umat Muslim di Kota Jayapura terlihat tinggi selama pelaksanaan Safari Ramadan, karena mengingat pula 2 tahun berturut-turut beribadah dengan keterbatasan akibat pandemi Covid-19.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved