Info Mimika

Sebanyak 500 Peserta Ikut Event TIFA 2022 Timika Inside Festival of Art

Pagelaran TIFA 2022 Timika Inside of Art di Gedung Emeneme Yauware Timika diikuti oleh 500 perserta baik kalangan dewasa maupun anak-anak

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Foto bersama pemukulan TIFA menandakan festival dibuka. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Pagelaran TIFA 2022 Timika Inside of Art di Gedung Emeneme Yauware Timika diikuti oleh 500 perserta baik kalangan dewasa maupun anak-anak.

Ketua Panitia, Alfo Smith mengatakan festival pertujukan pariwisata dan budaya ini adalah kedua kalinya digelar oleh Sanngar Amute Wapuri-Noken Star Papua Indonesia di Timika sejak tahun 2019 dan 2022 kali ini.

Baca juga: STY Kritik Lapangan Latihan Timnas U-23 Indonesia Jelang Lawan Vietnam di SEA Games: Terlalu Parah

Festival ini adalah tempat mengumpulkan karya seni di Mimika demi mengembangkan bakat anak muda Mimika dalam budaya khas suku Amungme dan Kamoro.

Sekadar diketahui kini suku Kamoro telah kembali menggunakan nama menjadi suku Mimika Wee melalui rekonsiliasi di Kokonao beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polres Jayapura Buka Gerai Vaksin di Borobudur Sentani Selama Operasi Ketupat

"Jadi yang ikut kegiatan festival TIFA 2022 ada 7 sanggar dan satu sanggaar Papua Barat Milenesia Manokwari,"kata Alfo kepada Tribun-Papua.com, Jumat (6/5/2022).

Menurut dia, kegiatan ini akan berlangsung hingga malam dan didukung oleh sponsor dari Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Pemkab Mimika, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Kemenkes Lakukan Investigasi Kontak 3 Kasus Hepatitis Akut Pada Anak

Ia berharap, semoga festifal ini kedepan mendapat dukungan dari Pemkab Mimika terlebih khusus Dinas Pariwisata dan Kebudayan kabupaten setempat.

"Kami ingin dinas terkait memiliki peran penting dalam kegiatan ini kedepan. Ini adalah budaya Mimika yang ditunjukan untuk membawa nama Mimika untuk Indonesia bahkan dunia,"tambah dia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved