Papua Barat Terkini

Tito Karnavian Buka Suara Soal Penunjukkan Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat

Menurut Mendagri Tito Karnavian, Paulus Waterpauw di tunjuk karena satu di antara alasannya adalah dukungan dari Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

Editor: Roy Ratumakin
Dok. Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Penunjukkan Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat bukan tanpa alasan.

Menurut Mendagri Tito Karnavian, Paulus Waterpauw di tunjuk karena satu di antara alasannya adalah dukungan dari Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

"Paulus Waterpauw ini kan usulan dari MRPB, juga usulan dari beberapa lembaga-lembaga yang ada di sana," ujar Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Ini Harta Kekayaan Penjabat Gubernur Papua Barat Lulusan Akpol 1987, Tembus Rp 10,6 Miliar

"Dan kita juga tahu dia memiliki track record di sana. Dia pernah menjadi Kapolda Papua, pernah jadi Kapolda Papua Barat sendiri dan yang penting beliau putra Papua, orang asli Papua," kata dia.

Oleh karena itu, dengan segala pengalaman, kemampuan akademik, dan jam terbang, Paulus diharapkan pemerintah dapat menjaga stabilitas politik dan pertahanan di Papua.

 

 

Mendagri Tito Karnavian melantik lima orang pj gubernur pada Kamis pagi.

Lima orang yang dilantik yakni Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten, Dirjen Mineral dan atubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, dan Dirjen Otonomi Daerah Kemeneagri Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Kemudian, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora Hamka Hendra Noer sebagai Pj Gubernur Gorontalo dan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Baca juga: Sebelum Dilantik Sebagai Pj Gubernur Papua Barat, Ini Kata Paulus Waterpauw ke Pendukungnya

Pelantikan lima pj gubernur ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Keppres ini mulai berlaku saat pelantikan pejabat, yakni pada 12 Mei 2022 Lima orang pj gubernur ini meggantikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yang habis masa jabatannya pada pertengahan Mei 2022. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul - Mendagri: Paulus Waterpauw Diusulkan Majelis Rakyat Papua Jadi PJ Gubernur

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved