Nasional

Prabowo Teriak di Hadapan Petinggi ASEAN: 'Jangan Ada Kekuatan Lain Memecah Persatuan Asia Tenggara'

Prabowo Subianto disorot dunia internasional. Ia lantar bersuara di hadapan petinggi ASEAN soal pertahanan. Warning diucapkan ke negara lain.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Menhan Prabowo Subianto menghadiri ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (22/6/2022).(Biro Humas Setjen Kemenhan) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Indonesia kembali mengukir sejarah di kawasan Asia Tenggara, layaknya masa pemerintahan Bung Karno.

Bukan macan Asia, namun kali ini lebih kepada hubungan kerja sama membangun pertahanan dan menjaga persatuan ASEAN dari ancaman luar.

Teranyar, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengajak negara-negara ASEAN saling bahu-membahu menjaga kepentingan Asia Tenggara di tengah persaiangan kekuatan besar.

Baca juga: Menteri Kesayangan Jokowi Sambangi Prabowo Jelang Pilpres 2024: Ada Apa?

Hal itu disampaikan Prabowo dalam ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (22/6/2022).

“Kita tidak boleh membiarkan kekuatan luar memecah belah ASEAN dan menyeret kita ke dalam persaingan mereka,” kata Prabowo dalam keterangan tertulis Biro Humas Setjen Kemenhan.

Prabowo mengatakan bahwa ADMM telah menjadi forum multilateral yang mendorong kerja sama pertahanan dalam membangun rasa saling percaya.

Untuk itu, pada pertemuan ini, Prabowo mengajak menteri pertahanan negara-negara ASEAN untuk mengesampingkan perbedaan dan bekerja bahu-membahu dalam menjaga kepentingan ASEAN.

Prabowo juga menyampaikan bahwa negara-negara ASEAN mempunyai pandangan yang sama akan perdamaian di Asia Tenggara.

Baca juga: Prabowo Dorong Anak Presiden Maju Pilgub, Strategi Gerindra Pepet Jokowi dan Gulingkan PDIP?

“Masa depan ASEAN dan rakyat kita ada di pundak kita, dan saya yakin, kita semua memiliki pandangan yang sama bahwa kita menginginkan perdamaian dan bukan konflik, kerja sama dari pada persaingan,” tegas Prabowo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo: Kita Tidak Boleh Biarkan Kekuatan Luar Pecah Belah ASEAN",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved