Info Mimika

Polisi Musanahkan 136,39 Gram Narkoba Jenis Sabu, Mansur: Dari Madura Diedarkan di Mimika

Satres Narkoba Polres Mimika memusnahkan 136,39 gram narkotika jenis sabu dari hasil penangkapan dua pelaku berinisial M (36) dan MH (50)

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Satres Narkoba Polres Mimika memusnahkan 136,39 gram narkotika jenis sabu dari hasil penangkapan dua pelaku berinisial M (36) dan MH (50). Kedua pelaku mendapat barang haram itu dari Madura dan diedarkan di Mimika 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Satres Narkoba Polres Mimika memusnahkan 136,39 gram narkotika jenis sabu dari hasil penangkapan dua pelaku berinisial M (36) dan MH (50) pada Jumat (10/6/2022).

Kasat Narkoba Polres Mimika, AKP Mansur menjelaskan barang bukti yang dimusnakankan antara lain 33 saset ukuran kecil dan satu saset ukuran besar narkotika jenis sabu.

Baca juga: Dua Bos Partai Ini Berebut Ganjar Pranowo, PDIP Bereaksi Keras: Hubungan NasDem Kian Renggang?

"Kalau untuk barang bukti diamankan dari tangan dua pelaku seberat 138,72 gram,"kata AKP Mansur kepada Tribun-Papua.com, Selasa (28/6/2022).

"Namun untuk kepentingan penyelidikan kemudian disisihkan untuk uji laboratorium 1,02 gram dan untuk perhituntangan pengadilan 1,31 gram," ujarnya.

Ia mengatakan, tersangka berinisial M ditangkap di kompleks Manado area gorong-gorong dan MH diamankan di Penginapan Alia tepatnya di Jalan Pendidikan Timika.

Baca juga: Keren, Bupati Mathius Awoitauw Bersama Wartawan Bahas Kesulitan Hingga Kegiatan Pemkab Jayapura

Adapun kronologis kejadian yaitu pada Jumat (10/6/2022) sekitar pukul 13.00 WIT tim mendapat informasi sering terjadi transaksi narkotika seputaran SP 2, SP 1, dan Gorong gorong.

Selanjutnya Tim melakukan pemantaun wilayah dimaksud dan menemukan seseorang dicurigai sebagai bandar atau penempel narkotika di SP 2 Timika.

Tim kemudian membuntuti dan melihat pelaku M memasuki salah satu penginapan Alia di Jalan Pendidikan Timika. Usai masuk penginapan, pelaku berinisial M kemudian keluar menuju Kompleks Gorong-gorong.

"Sekitar pukul 21.30 WIT tim berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku M," katanya.

Baca juga: Geser Jokowi, Sosok Ini Dideklarasikan Jadi Presiden ke-8 RI, Bukan Politisi Partai

Lanjutnya, setelah dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti narkotika yang telah dikemas dengan plastik bening kecil siap edar.

Tim juga menemukan 1 plastik ukuran besar berisikan narkotika jenis sabu serta peralatan penjualan yang disimpan dalam tas pinggang disembunyikan dalam jok sepeda motor.

Kemudian dilakukan penggembangan dan berhasil menangkap pelaku berinisial MH.

Baca juga: Bank Papua Dukung Porkab Jayapura Rp250 Juta, Mathius Awoitauw: Kolaborasi Terbaik untuk Olahraga

"Jadi barang bukti sabu berasal dari Madura diedarkan oleh M di Timika,"ujarnya.

Sekadar diketahui, kedua pelaku bekerja sebagai tukang ojek dan karyawan swasta. Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal 112, 114 KUH Pidana ayat 2 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved