Destinasi Wisata Papua

Intip Pohon Kelapa dan Pemanfaatannya bagi Warga di Pulau Kapotar Nabire Papua

Warga Mambor hanya sesekali datang ke Pulau Kapotar, untuk mencari teripang pada saat air surut, membersihkan kebun atau memanen kelapa

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
WISATA DI PAPUA - Potret Pulau Kapotar di Nabire Papua yang ditumbuhi Pohon Kelapa dengan buahnya yang sering dimanfaatkan warga setempat, Minggu (3/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pulau Kapotar dikenal juga sebagai Pulau Panjang, berada di Kepulauan Moora, Kawasan Teluk Cenderawasih bagian selatan atau lepas pantai Nabire, Papua.

Namun wisatawan lebih suka menyebutnya dengan nama Pulau Mowirin, padahal sebenarnya Mowirin merupakan nama salah satu pantai di pulau ini.

Wisata Papua: Cantiknya Dermaga Warna-warni di Desa Wisata Kampung Yoboi yang Instagramable

Kepada Tribun-Papua.com Minggu (3/7/202), warga Nabire, Yonatan Rumere menyebutkan hampir keseluruhan Pulau Kapotar ditumbuhi Pohon Kelapa.

"Pohon kelapa ini tumbuh secara alami di tepi pantai, sebagian sudah dibudidayakan secara intensif oleh warga," katanya.

Lebih jauh, Yonatan menyebutkan Pulau Kapotar merupakan pulau tidak berpenghuni, perkampungan warga berada di Pulau Mambor yang terletak di sebelah selatan Pulau Kapotar.

"Jadi memang warga Mambor hanya sesekali datang ke Pulau Kapotar, untuk mencari teripang pada saat air surut, membersihkan kebun atau memanen kelapa," sebutnya.

Wisata Papua: Menikmati Tracking Sagu hingga Kuliner di Desa Wisata Kampung Yoboi

Pohon kelapa di Pulau Kapotar pada umumnya tinggi-tinggi, dan uniknya pada batang pohonnya tidak dibuat pijakan kaki untuk memanjat.

"Kelapa di Pulau Kapotar hanya diambil buah yang sudah tua saja oleh warga lokal, dan cara mengambilnya sangat unik, tidak perlu dipanjat, karena pemilik kebun kelapa hanya mengumpulkan buah-buah kelapa tua yang jatuh," tambahnya.

Buah kelapa ini setelah dikupas kulitnya, kemudian dijual ke Kota Nabire, atau oleh pengepul dijual ke Moanemani, Dogiyai yang terletak di pegunungan Papua.

Wisata Papua: Jangan Lupa Cicipi Nikmatnya Udang Selingkuh saat Melancong ke Bumi Cenderawasih

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved