Wahyu Hidayat Resmi Jabat Danpaspampres, Berencana Tingkatkan Intensitas Latihan Anggota Paspampres

Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Daspaspampres), Senin (18/7/2022).

Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko saat ditemui awak media di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/3/2022) - Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Daspaspampres), Senin (18/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Marsekal Pertama Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Daspaspampres), Senin (18/7/2022).

Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko menggantikan Mayjen Tri Budi Utomo yang kini dipercaya menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Ppelantikan Wahyu Hidayat Sudjatmiko sudah lama digelar pada 27 Juni 2022, namun acara serah terima jabatan (sertijab) baru digelar di Markas Komando Paspampres, Jalan Tanah Abang II Nomor 6, Jakarta Pusat hari ini.

Baca juga: KSAD Dudung Sertijab 4 Pimpinan di TNI AD, Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa Jabat Pangdam Pattimura

Pengangkatan jabatan Danpaspampres tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI Nomor 6 Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dengan jabatan baru yang segera diemban, Wahyu mendapat kenaikan pangkat dari marsekal pertama menjadi marsekal muda (marsda) atau perwira tinggi bintang dua.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Wahyu Hidayat Sudjatmiko (kedua kanan) usai serah terima jabatan di Markas Komando Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022)
Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Wahyu Hidayat Sudjatmiko (kedua kanan) usai serah terima jabatan di Markas Komando Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022) (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Siapkan Pengamanan G20 dan Tingkatkan Intensitas Latihan Prajurit Paspampres

Wahyu mengatakan, setelah menjabat dia akan langsung menyiapkan pengamanan khusus Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali, Oktober 2022.

Menurutnya, saat ini program pengamanan KTT G20 sudah disiapkan.

"Jadi saya akan melanjutkan program yang sudah direncanakan terutama dalam menghadapi (pengamanan) KTT G20," tutur Wahyu saat ditemui usai serah terima jabatan di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Luhut Tunjuk Jenderal Andika Perkasa Amankan 3 Pejabat Penting Jelang KTT G20, Ada Apa?

Selain itu, Wahyu juga berencana akan meningkatkan intensitas latihan untuk prajurit Paspampres.

Kegiatan pelatihan ini bukan hanya untuk pengamanan G20, melainkan juga pengamanan rutin yang dilakukan Paspampres untuk Presiden dan Wakil Presiden.

"Kami semua akan melaksanakan meningkatkan kegiatan latihan-latihan sehingga prajurit kami lebih profesional," papar dia.

Profil Wahyu Hidayat Sudjatmiko

Wahyu merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 dari Korps Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Kopasgat merupakan satuan elite TNI AU yang sebelumnya bernama Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) yang identik dengan baret jingganya.

Selama meniti kariernya di pasukan elite TNI AU, Wahyu telah menduduki sejumlah jabatan strategis, di antaranya menjadi Komandan Batalyon Komando 462/Paskhas (2006).

Baca juga: 24 Perwira Tinggi TNI AD Naik Pangkat, KSAD Jenderal Dudung: Jaga Nama Baik Institusi Kita

Kemudian Komandan Skadron Udara Karbol I Wingkar AAU (2008), Danden 3 Grup A Paspampres (2010), Wadan Grup A Paspampres, dan Komandan Grup C Paspampres.

Kemudian Asops Korpaskhas (2014–2015), Komandan Pusdiklat Paskhas (2015–2016), Patun Kelompok Susstaf Korsis Seskoau (2016–2018), Asren Korpaskhas (2018–2021) sebelum berganti menjadi Kopasgat, dan Wakil Komandan Paspampres (2021–2022). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Serah Terima, Wahyu Hidayat Resmi Jabat Danpaspampres dan Resmi Jabat Danpaspampres, Wahyu Siapkan Pengamanan Khusus Acara G20

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved