Pemilu 2024

Geser Ganjar Pranowo, Anak Bawang PDIP Bakal Jadi Gubernur Jawa Tengah, Ini Sosoknya

Seorang kader PDI Perjuangan (PDIP) asal Kota Solo menyebut dirinya anak bawang, bakal jadi Gubernur Jawa Tengah, geser Ganjar Pranowo.

Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam suatu kesempatan di kegiatan PDIP. Diketahui, seorang kader PDI Perjuangan (PDIP) asal Kota Solo disebut bakal jadi Gubernur Jawa Tengah di periode berikutnya. Sosok ini bahkan menyebut bahwa dirinya hanyalah anak bawang di PDIP. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Ganjar Pranowo dipastikan melepas jabatan Gubernur Jawa Tengah pada 2024 mendatang dan jadi kandidat kuat capres pada Pilpres 2024.

Demikian, diketahui seorang kader PDI Perjuangan (PDIP) asal Kota Solo disebut bakal jadi Gubernur Jawa Tengah di periode berikutnya.

Sosok ini bahkan menyebut bahwa dirinya hanyalah anak bawang di PDIP.

Lantas siapakah dia?

Adalah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Dorong Anies Diusung PDIP Lengserkan Ganjar, Anak Papua Ini Jaga Peluang Jadi Gubernur DKI Jakarta

Gibran dikaitkan erat sebagai penerus tahta Gubernur Jawa Tengah karena elektabilitasnya yang berada di puncak lembaga survei Charta Politika.

Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tercatat memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi, sebesar 38,8 persen.

“Gibran Rakabuming Raka (38,8 persen) mendapatkan pilihan responden tertinggi sebagai Kepala Daerah Jawa Tengah. Cukup jauh di atas nama-nama lainnya," tulis Charta Politika dalam laporannya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Tokoh-tokoh politik lainnya bahkan berada di bawah Gibran, seperti Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (10,7 persen), Wali Kota Semarang Hendrar Prihardi (7,8 persen), mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih (4,3 persen), mantan calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said (3,9 persen), Bupati Banyumas Achmad Husein (3,8 persen), mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatno (3,6 persen), dan mantan Kapolda Jawa Tengah Komjen (Purn) Condro Kirono (1,5 persen).

Sedangkan, sebanyak 25,6 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab saat ditanya soal sosok yang akan mereka pilih.

Adapun survei di atas dilaksanakan pada 24-30 Juni 2022 dengan julah sampel sebanyak 1.200 responden pada margin of error 2,83 persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Gibran Rakabuming Raka

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved