Info Merauke

Dubes Vatikan Bakal Resmikan Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Mgr Nunsius Piero Pioppo bakal meresmikan Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai Uskup Agung Merauke, Papua, Minggu (7/8/2022) mendatang.

Penulis: Hidayatillah | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Paus Fransiskus yang diwakili Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Mgr Nunsius Piero Pioppo bakal meresmikan Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai uskup Agung Merauke, Papua, Minggu (7/8/2022) mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Paus Fransiskus yang diwakili Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Mgr Nunsius Piero Pioppo bakal meresmikan Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai Uskup Agung Merauke, Papua, Minggu (7/8/2022) mendatang.

"Saya sudah diangkat oleh Paus Fransiskus di Roma sebagai Uskup Agung Merauke, namun perlu ada upacara peresmian. Peresmian itu akan dilaksanakan 7 Agustus nanti dengan kehadiran Dubes Vatikan," kata Uskup Agung Merauke kepada Tribun-Papua.com, Selasa (2/8/2022).

Mgr Petrus Canisius Mandagi menjelaskan, sebenarnya peresmian dilaksanakan di Roma. Namun, akibat pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakan di Kabupaten Merauke, Papua.

Baca juga: Pesan Uskup Agung Merauke kepada Wartawan: Jadilah Corong Kebenaran dan Agen Perubahan

"Karena pandemi Covid-19, saya tidak ke Roma bertemu dengan Paus Fransiskus. Saya minta dibuat saja peresmian itu di Merauke oleh duta besar vatikan," ujar mantan Uskup Ambon ini.

Diakuinya, peresmian dan perayaan ekaristi atau misa tersebut akan dihadiri oleh Kardinal/Uskup Agung Jakarta dan sekitar 15 uskup se-Indonesia.

 

 

Selain itu, dihadiri para pastor dan jemaat katolik untuk menyaksikan langsung penyerahan palium oleh dubes Vaktikan atas penganugerahan paus kepada Uskup Agung Merauke.

"Ada banyak yang akan hadir tapi diabatasi karena pandemi," ungkap Mgr Petrus Canisius Mandagi.

Ditambahkan, upacara peresmian gerejani melalui perayaan ekaristi atau misa berlangsung di Katedral pukul 16.00 WIT.

Dilanjutkan, acara resepsi di Aula Archilaus Gereja Bambu Pemali pukul 19.00 WIT.

Kini Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC masih berada di Jakarta. Bertolak ke Merauke nanti malam.  (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved