Info Merauke

Mahasiswa Unmus Kenalkan Makanan Khas Papua, Papeda ke Warga Kalimantan Tengah

mahasiswa orang asli Papua (OAP) Unmus bisa tampil beda menunjukkan kemampuan didaerah lain. Mereka melakukan hal-hal yang baik

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
BIKIN PAPEDA - Mahasiswa Unmus Yakomina Mambilowu sedang melatih warga Desa Budi Mufakat, Kecamatan Batagu, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah membuat papeda. Dalam rangka program Kuliah Kerja Nyata kebangsaan 2022 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Mahasiswi Universitas Musamus (Unmus) memperkenalkan makanan khas Papua berupa papeda kepada warga Desa Budi Mufakat, Kecamatan Batagu, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Rekrut Calon Mahasiswa Papua, Bupati Jayapura Sambut Baik Program California Baptist University 

Mahasiswa Musamus Papua itu adalah Yakomina Mambilowu dari jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Ekbis), yang sedang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 bersama 5 mahasiswa lainnya dari sejumlah fakultas. 

Mahasiswi asli Papua dari Kabupaten Boven Digoel, ini juga melatih masyarakat setempat cara merajut noken. 

Ketua Jurusan Manajemen Unmus, Simon Siamsa mengapresiasi Yakomina Mambilowu yang bisa menyatu dengan masyarakat Kalimantan Tengah. 

Universitas Musamus Merauke Kini Punya Stadion Berstandar FIFA dan IAAF

Dia mengaku bangga, mahasiswa Unmus Merauke mampu mendatangi perkampungan untuk mengajarkan ilmu kepada masyarakat hingga bertemu para petinggi seperti Gubernur dan Rektor di Kalteng. 

"Saya merasa bangga mahasiswa orang asli Papua (OAP) Unmus bisa tampil beda menunjukkan kemampuan didaerah lain. Mereka melakukan hal-hal yang baik," tutur Simon Siamsa kepada Tribun-Papua.com, Selasa (2/8/2022).

Dikatakan Simon, antusias masyarakat Kalimantan Tengah sangat tinggi saat dilatih membuat papeda dan merajut noken yang merupakan makanan dan kerajinan khas Bumi Cenderawasih.

Romanus Mbaraka dan Beatus Tambaip Resmikan Stadion Universitas Musamus Merauke

"Mahasiswa Unmus diterima disana. Tidak segan berjumpa pimpinan seperti gubernur dan rektor serasa akrab dan menyatu dengan masyarakat," ujarnya. 

Kajur Manajemen berharap, melalui hasil karya KKN kebangsaan Unmus, bisa memberi kesan yang baik dan menarik minat warga setempat untuk memproduksi keunikan khas Papua.

"KKN Kebangsaan ini sebelumnya di Ternate, sempat mandek saat pandemi Covid-19 kemudian tahun ini Unmus kembali mengikuti di Kalimantan Tengah. Mereka akan kembali ke Merauke 20 Agustus 2022 mendatang," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved