Info Mimika

Disdukcapil Mimika Bakar 3.750 Keping KTP El: Ditarik dari Warga karena Invalid

KTP El itu ditarik dari masyarakat yang sudah berganti alamat dari tempat satu ke tempat lain, sehingga diganti KTP baru

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
BAKAR KTP EL – Jajaran pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika dan perwakilan Bawaslu dan KPU memusnahkan KTP El invalid dengan cara dibakar, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika memusnahkan 3.750 KTP El dengan cara dibakar dengan alasan KTP El tersebut invalid.

"KTP El itu ditarik dari masyarakat yang sudah berganti alamat dari tempat satu ke tempat lain, sehingga diganti KTP baru," kata Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo kepada Tribun-Papua.com, Kamis (4/8/2022) di Timika.

Sembari Berakhir Pekan, Warga Timika Bisa Urus Dokumen di Café Disdukcapil di Pasar Kuliner

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain warga yang berpindah alamat, faktor lain terjadinya KTP El invalid itu juga dari warga pendatang yang masuk ke wilayah Kabupaten Mimika.

"KTP El lama kita tarik dan diganti dengan yang baru setelah dilakukan perekaman," katanya.

Ia menyebut, pemusnahan dilakukan merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Mimika untuk menjaga dokumen kependudukan dengan baik. Termasuk agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Disdukcapil Kabupaten Jayapura Gencar Sosialisasikan Pembuatan KTP

"Pemusnahan ini akan dilakukan setiap bulan baik ditingkat kantor dinas hingga kampung," katanya.

Ia menjelaskan kehadiran KPU dan Bawaslu dalam pemusnahan KTP El sebagai wujud transparansi Disdukcapil Mimika kepada masyarakat.

"Kami ingin dokumen negara tidak disalahgunakan oleh okum yang memiliki kepentingan. Alalagi tahapan pemilu sudah dekat," jelasnya.

Polemik Honorer Siluman Pemkab Mimika, Wabup: Pejabat yang Memanipulasi Data Bakal Diusut!

Selain KTP El, Disdukcapil juga memusnahkan 547 keping Kartu Identitas Anak (KIA) karena anak tersebut sudah dewasa.

Hadir dalam pemusnahan tersebut Ketua KPU Kabupaten Mimika, Indra Ebang Ola, dan perwakian Bawaslu, Budi Moechi dan Toni L Agapa. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved