Info Mimika

Aldo Jual Motor Hasil Curian Rp 800 Ribu

Sudah dilakukan mediasi karena pelaku di bawah umur. Namun hasil pertemuan keluarga tersangka, dengan pihak korban itu tidak ada kesepakatan

Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
CURANMOR - Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar memberikan keterangan terkait kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang menyeret anak di bawah umur. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Kasus pencurian kendaraan bermotor yang melibatkan anak di bawah umur kian marak di Kota Timika, Provinsi Papua. Satu di antaranya, kejahatan itu menyeret Aldo (bukan nama sebenarnya) yang menjual hasil pencuriannya dengan harga Rp 800 ribu.

Polres Mimika Tangani Aksi Perampasan Emas, Kasus Ditutup: Diselesaikan Secara Kekeluargaan!

Tragisnya, tersangka adalah anak yang masih di bawah umur, dan harus mendekam di balik jeruji besi tahanan Mapolres Mimika.

Parahnya lagi, perbuatan itu dilakoni Aldo bukan yang pertama. Berdasarkan pengakuannya, aksi kejahatan itu sudah dilakoni sebanyak belasan kali, hingga akhirnya ditangkap jajaran kepolisian.

Terakhir dia melakukan pencurian pada 19 Juni 2022 di Jalan Kesehatan Dalam, Kota Timika sekitar pukul 05:00 WIT. Dia mengambil sepeda motor milik warga di daerah tersebut. 

Anggota Satlantas Polres Mimika Gagalkan Upaya Pencurian Kendaraan Bermotor

"Sudah dilakukan mediasi karena pelaku di bawah umur. Namun hasil pertemuan keluarga tersangka, dengan pihak korban itu tidak ada kesepakatan,” terang Kasat Reskrim Polres Mimika, Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar, Selasa (9/8/2022) di Timika.

Lebih lanjut Kasat Reskrim menjelaskan, keluarga tersangka tidak bisa memenuhi untuk ganti sepeda motor. Akhirnya orangtua tersangka pasrah untuk diproses hukum supaya ada efek jera.

Ia mengatkan, dari keterengan tersangka, melakukan aksinya dalam keadaan mabuk dan karena tidak mempunyai uang.

Sambut HUT Bhayangkara ke 76, Polres Mimika Gelar Lomba Pos PEKA

Kondisi mabuk sehingga tersangka nekat mengambil motor milik warga di kampung tersebut yang terparkir di halaman rumah.

"Motor itu pelaku jual dengan harga Rp800 ribu. Saat ini motor korban sudah kita ambil tapi warna motor itu sudah diubah, awalnya hitam menjadi merah putih," terangnya.

Ratusan Warga Kawamki Narama Ikuti Pengobatan Gratis Polres Mimika: Maritas Flu dan Batuk

Berthu menjelaskan, tertangkapnya tersangka berdasarkan laporan yang diterima polisi, kemudian tim Opsnal melakukan penyelidikan dengan mencari informasi di lapangan.

"Dia (pelaku) dikenakan pasal 362 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun penjara," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved