Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

Rangkul Keterlibatan Masyarakat Kampung, Ondofolo Pastikan Sentani Tengah Siap Sambut KMAN VI

Ketua Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI, Timothius Demetouw, pastikan wilayah Sentani Tengah siap sambut KMAN ke VI.

Tribun-Papua
Ketua panitia lokal Kongres Ke-6 Masyarakat Adat Nusantara di Kabupaten Jayapura, Timotius Demetow saat diwawancarai Tribun-Papua.com, di Sentani, Rabu (1/3/2022). Timothius Demetouw, pastikan wilayah Sentani Tengah siap sambut KMAN ke VI. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Panitia lokal memastikan seluruh Ondofolo (kepala suku) di wilayah Sentani Tengah, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, telah siap dalam menyambut dan menyukseskan pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) pada 24-29 Oktober 2022 mendatang.

Hal ini dipastikan usai peninjauan di sejumlah kampung,

Kata Ketua Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI, Timothius Demetouw, sejak Sabtu (13/8/2022), telah dilakukan peninjauan di beberapa Kampung, antara lain di wilayah Sentani Tengah yaitu, Kampung Babrongko, Simporo, Abar, Atamali, dan Putali.

“Dari hasil itu, para ondofolo telah memberi respon terkait pergelaran KMAN ini sangat luar biasa," kata Timothius.

Baca juga: DPRD Kota Jayapura Minta Frans Pekey Evaluasi Kinerja Pimpinan OPD

Demikian, para ondofolo telah memberi izin kampung mereka ditunjuk menjadi tempat sarasehan dan  tempat tinggal para peserta KMAN nanti.

"Para Ondoafi telah memastikan kepada kami bahwa mereka siap menjamu para tamu Kongres Masyarakat Adat dari berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, menurut Timothius, para Ondoafi juga telah meminta seluruh masyarakat di setiap kampung, termasuk ibu rumah tangga, terlibat memberikan pelayanan terbaik bagi peserta KMAN yang hadir nantinya.

"Atas permintaan itu, maka ibu-ibu mereka juga siap terlibat aktif dalam menangani konsumsi, mengatur tempat tinggal, hingga mencuci pakaian para tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara nantinya," tambahnya.

Baca juga: Ini Hasil Kunjungan Panitia Lokal KMAN VI di Kampung Babrongko

Dengan semua respon baik yang ada, maka menurut Timothius, semua itu menjadi hal positif bagi Panitia Lokal dan telah mencatat semua keperluan yang bakal dibutuhkan oleh masyarakat kampung saat pergelaran Kongres Masyarakat Adat nantinya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved