Pemkab Jayapura

Bentuk Kampung Adat di Jayapura, Lukas Enembe ke Bupati Mathius: Pemimpin Pertama yang Buat Sejarah!

Bupati Mathius Awoitauw mendapatkan pujian dari Pemerintah Provinsi Papua sebagai pemimpin pertama yang mencatat sejarah di bumi Cenderawasih.

Tribun-Papua.com/ Calvin
Bupati Jayapyura, Mathius Awoitauw, bertemu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa bertemu di Kantor Bupati Jayapura, Jumat (19/8/2022). Adapun, Bupati Mathius Awoitauw mendapatkan pujian dari Pemerintah Provinsi Papua sebagai pemimpin pertama yang mencatat sejarah di bumi Cenderawasih. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Berhasil membentuk 14 Kampung Adat di Kabupaten Jayapura, Bupati Mathius Awoitauw mendapatkan pujian dari Pemerintah Provinsi Papua sebagai pemimpin pertama yang mencatat sejarah di bumi Cenderawasih lantaran berhasil menjalankan undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pujian itu disampaikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe melalui Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa dalam sambutannya di acara pengucapan syukur pencanangan 14 Kampung adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (19/8/2022).

"Gubernur Papua, Lukas Enembe memberikan apresiasi kepada Bupati Mathius Awoitauw, yang telah berhasil  membentuk kampung administrasi menjadi Kampung Adat. Bapak bupati, terimakasih karena telah menjadi pemimpin pertama yang membuat sejarah baru di Papua untuk Indonesia," kata Doren.

Baca juga: Pesan Doren Wakerkwa Terkait Gerakan 10 Juta Bendera di Merauke: Papua Tak Terpisahkan dari NKRI

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua sudah membuat Perdasus No. 23 Tahun 2008 tentang Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat dan Hak Perorangan Warga Masyarakat Hukum Adat Atas Tanah, maka itu dengan peraturan tersebut menjadi dasar untuk membentuk pemerintahan adat di Provinsi Papua.

"Apa yang dilakukan oleh Bupati Mathius Awoitauw adalah pertama di Papua setelah keluarnya undang-undang Otsus, dan ini sangat luar biasa. Semoga kedepan, bapak bupati terus menjadi Pemimpin yang diberkati Tuhan di atas tanah ini," ujarnya.

Sebagai Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa berharap semoga kedepan 14 kampung adat di Kabupaten Jayapura menjadi contoh untuk seluruh Kabupaten-kota di Provinsi Papua.

Sebelumnya Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, 14 kampung adat tersebut sudah resmi terdaftar dan tercatat dalam administrasi negara. 

"Ini menjadi pionir sampai kapan pun di Kabupaten Jayapura, karena ini menjadi kabupaten pertama yang memiliki kampung adat di Papua dan Indonesia," kata orang nomor satu di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk mendapatkan status kampung adat yang diakui negara itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain memerlukan perjuangan, juga melalui kajian ilmiah secara mendalam. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved