Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Pesan Doren Wakerkwa Terkait Gerakan 10 Juta Bendera di Merauke: Papua Tak Terpisahkan dari NKRI

Pembagian bendera ini menunjukan bahwa Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Papua untuk NKRI

Penulis: Stella Lauw | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
BENDERA MERAH PUTIH - Asisten I Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa didampingi Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dirjen Polpum Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan, Sekretaris Daerah Merauke, Ruslan Ramli bersama membentangkan bendera merah putih di Kantor Bupati Merauke, Rabu (10/8/2022).  

Laporan Jurnalis Tribun-Papua.com, Stella Lauw

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dua hari lagi, penacangan Gerakan 10 juta bendera merah putih yang dipusatkan di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua dilaksanakan tepatnya pada Jumat (12/8/2022).

Kegiatan akbar ini menimbulkan kesan tersendiri bagi Asisten I Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa. Menurutnya, agenda nasional gerakan pembagian 10 juta bedera merah putih itu menunjukkan bahwa Provinsi Papua merupakan bagian integral dan tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Pemprov Papua Alihkan Peringatan HUT RI di Stadion Lukas Enembe, Musaad: Biar Tak Ganggu Warga

Hal itu disampaikan Asisten I Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, usai rapat koordinasi dengan perwakilan Kemendagri, Forkompinda Provinsi Papua dan Pemkab Merauke, pencanangan  pembagian 10 juta bendera merah putih, menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. 

“Pembagian bendera ini menunjukan bahwa Papua adalah bangsa Indonesia, Papua untuk NKRI. Oleh karena itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus,” kata Doren Wakerkwa, usai rapat koordinasi dengan perwakilan Kemendagri, Forkompinda Provinsi Papua dan Pemkab Merauke Rabu (10/8/2022). 

Jelang HUT RI, Pemkab Mimika Bagikan 1.500 Bendera Merah Putih

Lebih lanjut dia menilai, pencanangan tersebut menunjukan adanya perubahan pemikiran dan konsep seluruh elemen masyarakat untuk membangun Papua dalam bingkai NKRI.  

“Seluruh masyarakat di Papua melalui momentum itu dapat bersatu padu membangun daerahnya baik itu di wilayah selatan, pegunungan dan secara umum di Papua. Mari tunjukan SDM Papua mampu bersaing dengan provinsi lain,” katanya. 

Masih menurut Doren, pihaknya saat ini masih menunggu konfirmasi langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, yang akan tiba pada 12 Agustus 2022 nanti. 

Jelang HUT RI, 30 Anggota Paskibra Kota Jayapura Jalani Latihan Uji Coba Lapangan di Koya Timur

Mendagri dijadwalkan tiba di Kabupaten Merauke, JUmat (12/8/2022) pukul 07.00 WIT pada pencanganan yang akan dilakukan di Kapsul Waktu, Kabupaten Merauke. Kemudian, mantan Kapolda Papua ini kembali bertolak ke Jakarta setelah kegiatan usai. 

Tujuan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih sebagai wujud menumbuhkan rasa cinta tanah air, serta meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. 

Momen HUT RI, Pedagang Roti Bakar Asal Garut Pilih Hijrah ke Merauke Papua Jualan Bendera

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli mengatakan masyarakat Merauke siap menyukseskan kegiatan gerakan pembagian 10 Juta bendera merah putih. 

Etnis Nusantara di wilayah adat Anim Ha akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. "Kami berharap melalui kegiatan tersebut, akan semakin menggelorakan semangat kemerdekaan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved