Papua Terkini

Kakak Bas Pulang Kampung, Disambut Suling Tambur dan Tarian Adat

Barnabas Suebu, atau lebih dikenal dengan sapaan Kakak Bas akhirnya tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (20/8/2022).

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu saat tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (20/8/2022) disambut dengan tarian adat. Barnabas diketahui adalah mantan narapidana korupsi yang menghabiskan 7,5 tahun hidupnya di Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Siapa yang tidak kenal dengan mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu, atau lebih dikenal dengan sapaan Kakak Bas akhirnya tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (20/8/2022).

Diketahui, kakak Bas sebelumnya menjalani masa tahanan selama kurang lebih 7,5 tahun sebagai tahanan korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Sukamiskin.

Setelah bebas, Barnabas Suebu pun kembali ke Papua dan disambut hangat oleh seluruh sanak saudara dan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Bupati Mathius Awoitauw dan Barnabas Suebu Kunjungi Waropen Dukung Sidang Sinode GKI XVIII

Dalam penyambutan itu, masyarakat adat menyambutnya dengan tarian adat dan suling tambur Asli Sentani.

Tidak hanya itu, pria kelahiran 29 April 1946 ini juga diantar dengan tari-tarian dari Bandara Sentani, hingga di Obhe (rumah adat) Kampung Sereh, untuk melaksanakan ibadah pengucapan syukur atas bersama sanak saudaranya.

 

 

Ketua Panitia pelaksana kegiatan, yang juga selaku Ondofo (Kepala Suku) Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Yanto Eluay mengatakan acara yang dilaksanakan hanya sebagai ungkapan syukur dari keluarga kepada Tuhan atas kepulangan Eks Gubernur Papua, Barnabas Suebu di bumi Kenambai-umbai.

"Ini hanya pengucapan syukur dari keluarga dan masyarakat adat Kabupaten Jayapura kepada Tuhan atas kembalinya orang tua terkasih kami, yang telah menjalani masa-masa sulitnya hingga selesai dengan keadaan sehat," kata Yanto Kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Baca juga: Yanto Eluay: Status Politik Papua di NKRI Sudah Final, Jangan Buat Gerakan Tambahan!

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved