Sosok Barnabas Suebu

Sosok Barnabas Suebu di Mata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw: Beliau Jadi Teladan Banyak Orang

Saat Barnabas Suebu keluar dari sukamiskin, dia juga diantar semua orang yang ada di dalam Lapas

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TELADAN - Mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di rumah adat Kampung Sereh, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bagi warga Papua, sosok Barnabas Suebu bukan nama yang asing. Dia merupakan mantan Gubernur Papua yang saat itu masih bernama Irian Jaya periode 1988-1993. Kemudian, pria yang akrab disapa Bas Suebu ini kembali memimpin Bumi Cenderawasih periode 2006-2011.

Bupati Mathius Awoitauw dan Barnabas Suebu Kunjungi Waropen Dukung Sidang Sinode GKI XVIII

Bagi Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, sosok Barnabas Suebu adalah seorang berteladan bagi banyak orang. Tak heran, jika dia dikenal banyak orang dari Papua hingga seluruh dunia.

"Bapak Bas ini bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi seluruh dunia mengenalnya. Dan Bapak Bas adalah Orang yang luar bisa," kata Mathius Awoitau dalam sambutannya saat acara pengucapan syukur kembalinya mantan Gubernur Papua ke Bumi Kenambai-Umbai di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini mengatakan, dia melihat secara langsung seperti apa mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu dipuji oleh seluruh Gubernur dari berbagai negara.

Cerita Mathius Awoitauw Perjuangkan Hak Masyarakat Adat hingga 14 Kampung di Jayapura Diakui Negara

Hal itu terjadi saat kegiatan lingkungan hidup di Paris. Pada waktu itu, gubernur dari berbagai negara hadir, dan semua berbicara tentang Barnabas Suebu yang telah memprakarsai para gubernur yang memiliki hutan luas di dunia untuk membangun solidaritas.

Selain itu, lanjut Mathius Awoitauw, saat dirinya berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan di Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Mathius Awoitauw melihat semua orang menghargai mantan orang nomor satu di Tanah Papua ini.

"Baik itu direktur maupun sesama warga yang ada di Lapas sangat menghargai, karena Bapak Bas menjadi teladan di tempat itu," ujarnya.

FKUB Juluki Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw Pejuang Kampung Adat di Papua

Begitu juga saat Barnabas Suebu keluar dari sukamiskin, dia juga diantar semua orang yang ada di dalam Lapas.

"Ini luar biasa, dan tidak pernah terjadi di tahanan manapun di dunia ini, Kenapa sampai bisa terjadi demikian, " katanya.

Menurut Mathius Awoitauw, berbagai pikiran cerdas yang dimiliki Barnabas Suebu sangat mempengaruhi banyak orang yang ada di Papua, Indonesia, bahkan Dunia.

"Saya berharap ada pembaruan bagi generasi muda saat ini untuk menyambut masa depan yang lebih baik," tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved