Kampung Adat di Papua

FKUB Juluki Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw Pejuang Kampung Adat di Papua

14 Kampung adat ini akan menjadi sejarah pertama kalinya terjadi di Indonesia, bahkan di dunia, bahwa kampung adat hanya ada di Kabupaten Jayapura

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
MASYARAKAT ADAT - Ketua FKUB Kabupaten Jayapura, Albert Yoku bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam suatu acara. FKUB Kabupaten Jayapura menjuluki Bupati Jayapura ini sebagai pejuang masyarakat adat, terbukti berhasil membentuk 14 kampung adat yang diakui negara. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kesuksesan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw membentuk 14 kampung adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang diakui oleh Pemerintah Pusat, menjadikan orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini dijuluki pejuang masyarakat adat di Bumi Cenderawasih.

Mathius Awoitauw Beber Perjuangan Panjang Raih Kodefikasi 14 Kampung Adat di Kabupaten Jayapura

Hal itu dikatakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Albert Yoku kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Sabtu (20/8/2022).

"Bapak Bupati Mathius Awoitauw adalah sosok pejuang masyarakat adat di Papua. Sebagai tokoh agama, saya memberi apresiasi keberhasilan yang telah dilakukan kepada seluruh masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua," katanya.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan Bupati Mathius Awoitauw bakal menjadi contoh untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

Ini Nama 14 Kampung Adat Penerima Kodefikasi dari Kemendagri di Kabupaten Jayapura

"14 Kampung adat ini akan menjadi sejarah pertama kalinya terjadi di Indonesia, bahkan di dunia, bahwa kampung adat hanya ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua," ujarnya.

Keberhasilan yang telah diraih Bupati Mathius Awoitauw diakhir masa jabatannya, diharapkan nantinya program-program besar tersebut dapat terus dipertahankan bagi setiap pemimpin-pemimpin baru di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Sekadar mengingat, Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, 14 kampung adat tersebut kini telah resmi terdaftar dan tercatat dalam administrasi negara.

Bentuk Kampung Adat di Jayapura, Lukas Enembe ke Bupati Mathius: Pemimpin Pertama yang Buat Sejarah!

"Ini menjadi pioner sampai kapan pun di Kabupaten Jayapura, karena ini menjadi kabupaten pertama yang memiliki kampung adat di Papua dan Indonesia," kata orang nomor satu di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk mendapatkan status kampung adat yang diakui negara itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain memerlukan perjuangan, juga melalui kajian ilmiah secara mendalam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved