Kongres Masyarakat Adat

RSUD Yowari Siapkan Sambut Kehadiran Presiden Jokowi di Kongres Masyarakat Adat

Direktur Utama RSUD Yowari, Petronela Risamasu telah siap menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan saat pelaksanaan KMAN VI.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Direktur utama RSUD Yowari, Petronela Risamasu menyampaikan pihaknya telah menyiapkan tim kesehatan khusus melakukan pelayanan kesehatan disaat Presiden Joko Widodo hadiri pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) pada 23-30 Oktober 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, di Jl Raya Sentani Depapre, Doyo baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua telah menyiapkan tim kesehatan khusus guna menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) pada 24 Oktober 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama RSUD Yowari, Petronela Risamasu kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Dukung KMAN dan Cegah Stunting, Dinas Perikanan Jayapura Sebar 30 Ribu Benih Ikan dan 2,4 ton Pakan

"Tim kesehatan khusus yang standby saat presiden hadir dalam Kongres Masyarakat Adat. Mereka ini tergabung dari seluruh dokter spesialis, seperti anestesi, penyakit dalam, bedah, dan spesialis lainnya," kata Petronela.

Menurutnya, para dokter itu juga bakal dibekap dengan tenaga medis handal yang nantinya standby untuk menjawab setiap kebutuhan apabila terjadi sesuatu di lapangan.

 

 

"Tenaga medis pendukung juga standby untuk memantau kondisi dilapangan. Misalnya tiba-tiba ada terjadi kebutuhan obat dan lain sebagainya secara mendadak, maka merekalah yang langsung bergerak untuk menyediakannya, strategi ini dilakukan seperti pelaksanaan PON XX Papua," katanya.

Selain itu, menurut Petronela, para tenaga medis juga bakal dikerahkan secara mobile untuk standby dari bandara dan juga di ruang VIP kedatangan.

Baca juga: Intip Agenda Pelaksanaan KMAN VI di Oktober Mendatang, Ada Defile Budaya!

"Dengan semua kesiapan yang ada, maka yang pastinya kami RSUD Yowari siap memberi pelayanan terbaik selama presiden mengikuti pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI," pungkasnya.

Sekadar diketahui, pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) bakal digelar di Kabupaten Jayapura pada 24-30 Oktober 2022 mendatang.

Dalam pergelaran ini, bakal dihadiri oleh ribuan komunitas masyarakat adat di seluruh Indonesia.

Selain itu, pergelaran KMAN VI ini, nantinya bakal digelar sekaligus dengan Festival Danau Sentani (FDS) dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Masyarakat adat di Kabupaten Jayapura. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved