Pemilu 2024

Geser Ganjar Pranowo, Eks Menko PMK Diusung Jadi Capres PDIP, Anak Presiden

Pendiri lembaga survei Cyrus Network menilai anak Presiden ke-5 RI, yang juga eks Menko PMK itu diusung jadi Capres PDIP, geser Ganjar Pranowo.

Tribunnews
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Diketahui, Pendiri lembaga survei Cyrus Network menilai anak Presiden ke-5 RI, yang juga eks Menko PMK itu diusung jadi Capres PDIP, geser Ganjar Pranowo. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Di tengah persaingan panas menuju kursi Presiden RI pada 2024 mendatang, nama Puan Maharani mencuat sebagai calon presiden (capres) di internal PDI Perjuangan (PDIP).

Tak ayal, lengserkan Ganjar Pranowo, eks Menko PMK diusung jadi capres PDIP semakin terbuka lebar.

Menurut Pendiri lembaga survei Cyrus Network, Hasan Nasbi, anak Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, itu memiliki kans lebih besar jadi presiden ketimbang Gubernur Jawa Tengah, baik dari sisi riwayat pengalaman atau curriculum vitae (CV).

Baca juga: Singgung Puan dan Ganjar, Pengamat Soroti Perkataan Jokowi soal Nyapres Tak Cuma Modal Elektabilitas

"Beliau pernah menjadi anggota DPR, setelah menjadi anggota DPR RI beliau menjadi menteri koordinator di zaman Pak Jokowi 2014-2019.”

“Kemudian dia menjadi ketua DPR 2019-2024, kalau pelat nomornya RI 6, RI-nya sudah 1 digit," kata Hasan dikutip, Jumat (19/8/2022).

"Jadi kalau orang RI 1 digit mengincar RI 1 itu menurut saya sah dan wajar, Bahkan ada orang RI-nya 2 digit mau jadi presiden juga dan itu nggak apa-apa. Jadi kalau ibu Puan itu dari level curriculum vitae itu selangkah lagi di atasnya untuk menjadi calon presiden," imbuhnya.

Baca juga: Lengserkan Ganjar, Puan Bakal Duet dengan Sosok Ini di Pilpres: Dicintai Ulama dan Dibidik NasDem

Dari sisi kepartaian, Hasan memandang Puan memiliki kedudukan istimewa di PDIP.

Selain menjabat sebagai Ketua DPP PDIP, posisi Puan di partai terasa spesial lantaran statusnya sebagai putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dengan kondisi tersebut, Puan memiliki tiket maju menjadi capres.

"Dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu kental sekali auranya, nyawanya kental sekali dengan Bung Karno dan Bung Karno itu adalah kakeknya Ibu Puan. Jadi memang kedudukannya di partai istimewa sekali," ucapnya.

"Jadi kalau Ibu Mega bilang yang maju adalah ibu Puan maka ya sudah otomatis Ibu Puan yang menjadi calon presiden. Di sanalah muncul istilah habis Ganjar terbitlah Puan," lanjutnya.

Baca juga: Nasdem Jadi Parpol Pertama yang Dikunjungi PDIP, Pengamat Singgung soal Ganjar Pranowo

Lantas, bagaimana peluang Puan setelah mendapatkan tiket capres?

Hasan menilai pilihan masyarakat akan tertuju kepada capres-capres yang definitif.

Dia memprediksi bakal ada tiga capres yang bertarung, yakni Prabowo Subianto, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved