Kunker Presiden Jokowi ke Papua

Presiden Jokowi Bakal Serahkan NIB bagi 2000 UMKM di GOR Toware, Begini Kesiapan Pemkab Jayapura

Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan perbaikan dan pengecetan di dalam GOR Toware untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Gedung Olah Raga Toware, Kabupaten Jayapura yang bakal dikunjungi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan Nomor Induk Usaha (NIB) pada 2000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Papua di GOR Toware Sentani, Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, pada Rabu Rabu (31/8/2022).

Kini, Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan perbaikan dan pengecetan di dalam GOR Toware, juga pembersihan sepanjang jalan dari pertigaan Depapre, Genyem, dan Kantor Bupati, Distrik Sentani Kota.

Sekretaris Daerah, Hana Hikoyabi mengatakan, ada pengerjaan perbaikan pipa wastafel, pengisian air bersih, dan pengecatan di arena pertandingan.

Baca juga: Pemkab Jayapura: GOR Toware Aman dari Nyamuk dan Lalat Saat Kunjungan Presiden Jokowi

Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan pemerintah Distrik Sentani Kota bekerja sama untuk persiapan kedatangan Presiden.

"Sekarang saya sedang mengencek kesiapan di  Restoran Pondok Apung Tomarokai, ada perbaikan di parkiran," ujarnya kepada Tribun-Papua.com, Senin (29/8/2022).

Sementara itu kesiapan lainnya, lanjut Hana, telah dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampers) dan pihak pengelola restoran.

Penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada 2000 UMKM di seluruh Papua.

Ada 230 UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) mewakili Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Theophilus Tegai menjelaskan para peserta penerima NIB telah terdaftar sebelumnya di aplikasi Online Single Submission (OSS) dari Dinas Perizinan Terpadu.

"Kami diarahkan oleh Bupati dan akan dilakukan pengecekan lagi, ada enam tenda yang promosi makanan lokal dari Mama-Mama Papua kita," katanya.

Baca juga: Jokowi Bakal Kunker Ke Papua, Berikut Lokasi Yang di Kunjungi

Tegai menambahkan, para pelaku usaha tersebut telah melengkapi persyaratan yaitu NIK, KTP, dan Email yang didaftar di sistem tersebut.

"Yang mengeluarkan nomor NIB nanti dari Kementrian Investasi dan Penanaman Modal, pelaku usahanya sudah siap, tadi kami rapat dengan Bupati, kemudian akan dipastikan kembali," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved