Kongres Masyarakat Adat

Sambut Peserta KMAN VI di Kampung Kayo Pulau Jayapura, 15 Rumah Warga dan 2 Dapur Umum Disiapkan

Sebanyak 15 rumah warga sebagai tempat penginapan dan 2 dapur umum telah disiapkan Pemerintahan Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau, Kota Jayapura.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Tahima Soroma Kayo Pulau, Tommy Oktovianus Sibi saat diwawancarai Tribun-Papua.com di Distrik Abepura, mengenai kesiapan dalam menghadapi KMAN VI pada Oktober 2022 mendatang, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam menyambut Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN), sebanyak 15 rumah warga sebagai tempat penginapan dan 2 dapur umum telah disiapkan Pemerintahan Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau, Kota Jayapura.

Hal itu disampaikan Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Tahima Soroma Kayo Pulau, Tommy Oktovianus Sibi kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Selasa (30/8/2022).

"Jadi untuk kongres adat nasional ini, kami dari Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau sudah menyediakan tambahan 5 rumah dari sebelumya 10 rumah sehingga total 15 rumah," sebutnya.

Baca juga: Sambut KMAN VI, Panitia Lakukan Perubahan, Tamu Tidak Menginap di Rumah Warga

Kemudian ia mengatakan, apabila ke depannya masih dirasa kurang dan perlu tambahan hunian maka pihaknya akan meminta bantuan dari kampung terdekat, yakni Kampung Kayu Batu.

"Selain itu, untuk menjamin penyediaan konsumsi bagi peserta sarasehan KMAN VI nantinya, telah disiapkan 2 dapur umum yaitu di rumah Ondoafi Jouwe dan Sibi, dan koordinasinya bersama ibu PKK Kota Jayapura, " tambahnya.

 

 

Sementara itu, untuk seremoni acara saat gelaran sarasehan memang belum dikomunikasikan lebih lanjut, namun ia memastikan dalam menyambut KMAN VI di Kota Jayapura, masyarakat kampung dipastikan siap 100 persen untuk menyambut tamu dengan tarian adat.

"Saat ini memanh belum ada koordinasi lebih lanjut dengan panitia, untuk arahan selanjutnya seperti apa, termasuk teknis acara dan apa yang bisa dibantu masyarakat," sebutnya.

Baca juga: Dukung KMAN dan Cegah Stunting, Dinas Perikanan Jayapura Sebar 30 Ribu Benih Ikan dan 2,4 ton Pakan

Dalam kesempatan itu, Tommy mengharapkan melalui momentum KMAN VI di Kota Jayapura, Kampung Kayo Pulau dapat menjadikannya sebagai ajang promosi wisata.

"Kita akan sekaligus mempromosikan kampung kami sebagai kampung mina wisata bahari pada 2023 mendatang," tegasnya.

Sekadar diketahui, Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) direncanakan akan digelar pada Oktober 2022 mendatang dan dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved