Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

Sambut KMAN VI, Panitia Lakukan Perubahan, Tamu Tidak Menginap di Rumah Warga

Padahal, pelaksanaan KMAN VI pada 24-30 Oktober 2022 mendatang di Wilayah Adat Tabi itu awalnya direncanakan peserta akan menginap di rumah warga.

Tribun-Papua.com/ Putri
Suasana rumah di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani,Ada 15 rumah yang disiapkan u tuk menyambut rumah pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI pada 24-30 Oktober 2022 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Kepala Distrik Sentani, Marsuki Ambo menyampaikan tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Kabupaten Jayapura tidak lagi menginap di rumah warga.

Pelaksanaan KMAN VI pada 24-30 Oktober 2022 mendatang di Wilayah Adat Tabi itu awalnya direncanakan peserta akan menginap di rumah warga.

Marsuki menjelaskan koordinasi, sosialisasi, dan pendataan telah dilakukan sebelumnya. Hingga kini hasil pendataan rumah layak huni yang ditempati tersebut telah diserahkan kepada panitia.

"Padahal dari awal sudah diminta data, dari tujuh kampung di Distrik Sentani. Jika itu siap difasilitasi, kami rasa kecewa padahal animo masyarakat sangat baik dan senang menyambut tamu,"ujarnya saat ditemui di Jalan Kemiri, Distrik Sentani, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Dukung KMAN dan Cegah Stunting, Dinas Perikanan Jayapura Sebar 30 Ribu Benih Ikan dan 2,4 ton Pakan

Marsuki menegaskan jika demikian sebaiknya berbagai persiapan yang dilakukan oleh pihaknya tidak disampaikan kepada masyarakat.

Sebagai Anggota Bidang Sarasehan, Ambo menyebutkan ada perubahan lainnya yakni empat titik yang dijadwalkan untuk lokasi sarasehan di Rumah Adat (Obhe) hanya dua titik yang telah diverifikasi.

"Di Kampung Sereh misalnya untuk area sarasehan mencukupi namun tempat parkiran sangat sempit, sedangkan sarasehan di Obhe di Kampung Yahim dipindahkan ke Kampung Harapan padahal Kampung Yahim telah merehab Obhe,"katanya.

Dari informasi yang diterima oleh pihaknya pada rapat beberapa waktu lalu, kelengkapan yang di siapkan di Kampung Yoboi, Hobong, dan Ifar Besar juga tidak berjalan sesuai rencana awal.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal KMAN VI, Timothius Demetouw ketika dikonfirmasi mengatakan berdasarkan hasil survei Bidang Koordinator dan Akomodasi kondisi rumah warga di Distrik Sentani, Waibu, Sentani Timur, dan Ebungfauw.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved