Pemekaran Papua

Pokja II Satgas Pengawalan DOB Dorong Percepatan Peresmian Provinsi Papua Tengah

Satgas DOB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemprov Papua guna membahas percepatan peresmian Provinsi Papua tengah.

Istimewa
Direktur Toponimi dan Batas Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugiarto beberkan tim tersebut untuk menyiapkan peresmian DOB. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) melalui Kelompok Kerja (Pokja) Il menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se-wilayah Papua Tengah guna membahas percepatan peresmian Provinsi Papua tengah.

Adapun kegiatan yang dipimpin Bupati Nabire Mesak Magai itu merupakan rangkaian dari kunjungan awal Satgas DOB di provinsi baru di Papua yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 September 2022.

Baca juga: Dorong Kesiapan Peresmian Provinsi Baru di Papua, Kemendagri Terjunkan Satgas Pengawalan DOB

Ketua Pokja II yang juga Direktur Toponimi dan Batas Daerah Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugiarto mengatakan, tim tersebut terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 118-5237 Tahun 2022 tentang Pembentukan Satuan Tugas Pengawalan DOB Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

"Tujuan dari tim tersebut untuk menyiapkan peresmian DOB. Keberadaan tim tersebut, salah satunya untuk menyiapkan pelantikan penjabat gubernur dan peresmian provinsi," kata Sugiarto melalui keterangan tertulis, yang diterima Tribun-Papua.com, Kamis (8/9/2022).

 

 

Sugiarto mengatakan, tim ini juga bakal menyiapkan pembentukan perangkat daerah dan manajemen aparatur sipil negara (ASN), mendorong penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, hingga memacu pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP).

"Tim juga melakukan tugas-tugas teknis lainnya yang diperlukan," ujarnya.

Sugiarto menyampaikan, selama kunjungan tahap awal di Papua Tengah, Pokja akan melakukan beberapa hal.

Baca juga: KPU Siapkan Regulasi Teknis dan Kaji Jumlah Anggaran untuk Pemilu di 3 DOB Papua

"diantaranya mengawal dan memberikan dukungan dalam menyiapkan kantor gubernur sementara beserta perlengkapannya. Selain itu, Pokja Il juga mengawal dan mendukung penyiapan rumah dinas gubernur dan sekretaris daerah (Sekda)," katanya.

Sugiarto berharap, para bupati di wilayah Provinsi Papua Tengah dapat terus mempersiapkan peresmian provinsi tersebut secara maksimal.

"Upaya tersebut agar momentum peresmian dapat dimanfaatkan secara efektif dan optimal," ujarnya.

Sekadar diketahui, Rakor tersebut dihadiri Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri Bachtiar Sinaga, Asisten I Sekda Provinsi Papua, Bupati Nabire, Bupati Dogiyai, dan Bupati Deiyai. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved