Polri Sebut Ferdy Sambo Tak Bisa Lakukan Upaya Hukum Lain atas Hasil Sidang Banding: Sifatnya Final

Polri menegaskan bahwa hasil keputusan sidang KKEP Banding terhadap Ferdy Sambo akan bersifat final dan mengikat.

WARTA KOTA/YULIANTO
Irjen Ferdy Sambo menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022) - Polri menegaskan bahwa hasil keputusan sidang KKEP Banding terhadap Ferdy Sambo akan bersifat final dan mengikat. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo tidak lagi bisa melakukan upaya hukum lain atas hasil keputusan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding.

Polri menegaskan bahwa hasil keputusan sidang KKEP Banding terhadap Ferdy Sambo akan bersifat final dan mengikat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sidang kali ini merupakan upaya hukum terakhir yang bisa dilakukan Ferdy Sambo.

Baca juga: Polri Ungkap Alasan Ferdy Sambo Tidak Dihadirkan di Sidang Banding Pemecatan

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan keterangan pers tentang pemeriksaan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) dini hari. Dalam keterangannya Putri Candrawathi akan diperiksa kembali dengan pemeriksaan konfrontir pada Rabu, 31 Agustus mendatang.
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan keterangan pers tentang pemeriksaan tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) dini hari. Dalam keterangannya Putri Candrawathi akan diperiksa kembali dengan pemeriksaan konfrontir pada Rabu, 31 Agustus mendatang. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

“Tidak ada (Kasasi dan Peninjauan Kembali). Banding ini sifatnya final dan mengikat, sudah tidak ada lagi upaya hukum, ini upaya hukum yang terakhir,” kata Dedi di Lobi Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Dedi menegaskan, sidang KKEP Banding ini merupakan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar proses pelaksanaan sidang etik terhadap Sambo tuntas.

Ia menambahkan, sidang banding akan dipimpin perwira polisi bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Menurut Dedi, hasil keputusan banding akan disampaikan siang hari ini. Setelahnya, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polri akan menindaklanjutinya secara adminitrasi.

Baca juga: Klaim Tak Ikut Tembak Brigadir J, Staf Ahli Kapolri Ungkap Hal Mengerikan dari Irjen Ferdi Sambo Cs

“Pelaksanaan banding digelar hari ini Insya Allah hasilnya setelah salat zuhur akan disampaikan dan tuntas hari ini,” tutur dia.

Adapun Ferdy Sambo mengajukan banding atas putusan sidang KKEP yang memecat dirinya. Sidang banding digelar hari ini.

Pemecatan atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) Sambo diputuskan setelah ia terbukti menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana ajudannya yang bernama Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved