Pemprov Papua

Gedung Baru Kantor Gubernur Papua Termegah di Indonesia Timur, Dibangun dengan Anggaran Rp400 Miliar

Kantor gubernur Papua 10 lantai yang beralamat di Jalan Soa Siu Dok II Kota Jayapura ini dibangun dengan konsep kearifan lokal dan rendah karbon.

Tribun-Papua
PENGERJAAN - Sejumlah pekerja sedang mengawasi proses pembangunan gedung baru Kantor Gubernur Papua di Jalan Soa-Siu Dok 2 Kota Jayapura, Provinsi Papua. Rencananya, gedung 9 lantai itu terdiri kantor baru Gubernur Papua, Komisi Pemilihan Umum, Kantor Biro Pelayanan Penyediaan Barang dan Jasa dan Majelis Rakyat Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Gedung baru Kantor Gubernur Papua bakal menjadi ikon baru bagi negeri matahari terbit julukan Kota Jayapura.

Gedung 10 lantai yang beralamat di Jalan Soa Siu Dok II Kota Jayapura ini dibangun dengan konsep kearifan lokal dan rendah karbon.

Sementara, lokasi bangunan lama yang berdiri sejak 1976 telah dirobohkan untuk bangunan baru.

Baca juga: Renovasi Kantor Gubernur Papua Tak Pengaruhi Layanan Publik, Lukas Enembe: Harus Selesai Tepat Waktu

"Bangunan kantor Gubernur yang baru ini akan menjadi ikon bagi Kota Jayapura," kata Asisten Bidang Perekonomian dam Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musa'ad, Kamis (22/9/2022).

TINJAU PEMBANGUNAN - Gubernur Papua, Lukas Enembe didampingi para pejabat di lingkungan Pemprov Papua meninjau pembangunan Kantor Gubernur di Jalan Soa-siu Dok II Jayapura.
TINJAU PEMBANGUNAN - Gubernur Papua, Lukas Enembe didampingi para pejabat di lingkungan Pemprov Papua meninjau pembangunan Kantor Gubernur di Jalan Soa-siu Dok II Jayapura. (Tribun-Papua)

Musa'ad mengatakan, tidak hanya menjadi ikon, kantor gubernur bakal menjadi proyek percontohan bagi daerah lainya di indonesia.

"Bangunan kantor Gubernur Papua ini sepertinya hanya ada satu model bangunan di Indonesia. Artinya, bangunan seperti ini tidak banyak di Indonesia," ujarnya.

Nantinyta bangunan ini diyakini bakal menjadi percontohan bagi provinsi lain di kawasan timur Indonesia.

Baca juga: Gedung Baru Kantor Gubernur Papua akan Didesain dengan Kearifan Lokal dan Rendah Karbon

Sekadar diketahui, proses pembangunan gedung kantor Gubernur yang baru dikerjakan secara (Proyek) multiyear dengan dana sebesar Rp 400 miliar bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Renovasi Kantor Gubernur Papua dimulai sejak 19 Juli 2021.

Adapun pembangunan dikerajakan oleh PT PP Lampiri Tbk.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe turun langsung dalam pencanangan renovasi.

Lukas Enembe kala itu meminta agar proses renovasi gedung Kantor Gubernur Papua harus selesai tepat waktu.

Sebab, masyarakat sudah menanti sejarah baru kemajuan Papua lewat megahnya kantor pusat pemerintahan tersebut.

Apalagi selama ini belum ada pemimpin Papua yang merubah secara modern wajah Kantor Gubernur tersebut.

"Di abad perubahan ini, saya sebagai Gubernur Papua merasa penting harus ada perubahan di atas tanah Papua," ujar Enembe saat membuka pencanangan tersebut, Senin (19/7/2021) siang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved